kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shopee Klaim Terus Dukung UMKM dengan Orientasi Pasar Ekspor


Rabu, 30 Agustus 2023 / 18:25 WIB
Shopee Klaim Terus Dukung UMKM dengan Orientasi Pasar Ekspor
ILUSTRASI. Peresmian Gudang Ekspor Terbaru, Shopee Klaim Terus Dukung UMKM. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


Reporter: Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Shopee Indonesia meresmikan gudang ekspor terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat pada Rabu (30/8). Gudang ini diperuntukan untuk memfasilitasi kegiatan ekspor dan impor.

Saat ini, sudah lebih dari 20 juta produk UMKM lokal yang telah tergabung dalam program ekspor dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, bahkan Amerika Latin. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung UMKM lokal untuk berdaya saing global dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

Baca Juga: Ekspor Meningkat 30% pada 2023, Shopee Resmikan Gudang Baru

“Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin,” kata Kiky pada Peresmian Gudang Shopee Indonesia, Rabu (30/8).

Sebagai informasi, proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

Tidak hanya itu, Shopee Indonesia juga menyediakan program untuk mempersiapkan UMKM lokal untuk bersaing di tingkat global. Di antaranya adalah:

1. Kolaborasi Penguatan UMKM Ekspor: Mengundang pihak lain untuk turut memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 Kota agar pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas ini. Pihak tersebut dapat menghubungi Kampus UMKM di masing-masing kota untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Gudang Shopee Baru di Cengkareng untuk Fasilitasi Ekspor - Impor

2. Program ‘Bimbel Shopee Ekspor’: program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih yang telah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. UMKM akan diberikan pendampingan secara online untuk mempersiapkan toko mereka agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah.

3. Pendaftaran Program Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee Melalui Kanal Shopee Pilih Lokal: yang telah hadir di laman muka aplikasi Shopee pada tahun 2022 lalu, kini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, serta Program Ekspor Shopee.

Dengan adanya program-program tersebut, Kiky berharap dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa bersaing di panggung dunia. Pihaknya juga berkomitmen untuk mendukung UMKM dan terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×