kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Nojorono Kudus lakukan ekspor perdana ke pasar Asia


Rabu, 14 Juli 2021 / 17:44 WIB
Nojorono Kudus lakukan ekspor perdana ke pasar Asia
ILUSTRASI. Pabrik rokok PT Nojorono Tobacco International di Kudus, Jawa Tengah.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan di bidang industri hasil tembakau (IHT), PT Nojorono Tobacco International melakukan ekspor perdananya pada Selasa (13/7). Ekspor dilakukan sebagai bentuk sambutan baik Nojorono terhadap himbauan pemerintah agar produsen sigaret mulai menggiatkan ekspor produknya ke mancanegara.

Selain itu, juga merupakan salah satu langkah lanjutan Nojorono Tobacco International dalam manyikapi situasi pandemi saat ini. Langkah strategis itu diambil guna menyiasati keberlangsungan perguliran roda bisnis serta kesejahteraan para pekerja.

Tahun lalu di saat banyak perusahaan merumahkan pekerjanya akibat pandemi, Nojorono berupaya keras menjamin keberlangsungan lapangan kerja dan roda perekonomian, dengan melahirkan produk baru.

"Tahun ini, kami lanjutkan strategi bisnis perusahaan dengan memperluas jangkauan pasar melalui ekspor. Kebijakan strategis tentunya  tidak hanya menjadi solusi bisnis bagi perusahaan, namun harus berdampak baik bagi para pekerja,"  ungkap President Director PT Nojorono Tobacco International, Stefanus JJ Batihalim dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (14/7).

Baca Juga: Jumlah pabrikan rokok yang turun golongan bertambah

Stefanus mengatakan, kebijakan ekspor tersebut ditempuh dengan melihat besarnya potensi pangsa pasar konsumen di mancanegara dan juga sebagai satu upaya menyiasati kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) yang mencapai angka rata -rata 12,5% di tahun ini.

”Kenaikan CHT  berakibat pada kenaikan harga yang menekan daya beli masyarakat. Kami berinisiatif mengambil langkah strategis dengan memperluas jangkauan pasar hingga ke mancanegara yang dinilai memiliki potensi besar," tambahnya.

Sebagai tahap awal, perusahaan yang juga dikenal dengan nama Nojorono Kudus ini membidik pasar Asia, khususnya konsumen Indonesia yang tinggal di negara-negara Asia. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya Norojono Kudus akan memperluas pangsa ekspornya ke negara lain di masa mendatang.

Arief Goenadibrata, Managing Director Nojorono Tobacco International bilang, sigaret kretek menjadi salah satu identitas khas Indonesia dan saat ini hanya diproduksi oleh produsen sigaret Indonesia.

"Produk ekspor perdana Nojorono Tobacco International jatuh pada kategori Sigaret Kretek Mesin Mild (SKMM); Clas Mild. Produk sigaret LTLN (Low Tar Low Nicotine) unggulan yang diluncurkan perdana pada tahun 2003 ini, sempat menduduki peringkat kedua penjualan terbaik kategori SKMM dalam kurun waktu yang singkat," kata Arief.

Mengenai pilihan produk eskpor, Arief menyebut, konsistensi Nojorono Kudus dalam prosedur pemilihan dan penggunaan bahan baku terbaik di setiap produknya, melandasi pertimbangan kuat dalam kebijakan ekspor.

“Keseimbangan kualitas dan cita rasa yang memenuhi standar higienis dan freshness of product, selalu menjadi prioritas utama kami. Clas Mild merupakan produk sigaret kretek, yang sejak awal diluncurkan memenuhi standar kualitas ekspor. Besar harapan kami, produk ini diterima dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang rindu cita rasa khas tanah air," imbuhnya.

 

Selanjutnya: Nojorono gelar vaksinasi mandiri Covid-19 bagi karyawan dan warga sekitar pabrik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×