Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan jasa pengiriman paket, barang, dan dokumen, PT Nusantara Card Semesta (NCS), berupaya memberikan solusi yang memudahkan para pelaku bisnis online dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melakukan pengiriman produk ke mancanegara.
Asal tahu saja, Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam ekosistem bisnis online maupun UMKM, sehingga berdampak positif bagi perkembangan bisnis jasa pengiriman atau logistik.
Kondisi pasar global yang makin terbuka juga memberikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Hal ini sejalan dengan strategi ekspansi yang tidak hanya terfokus di dalam negeri saja.
Hambatan geografis yang selama ini sering menjadi momok, kini bisa diatasi dengan memilih mitra terpercaya yang bisa diandalkan.
"NCS ingin memanfaatkan peluang ini bersama para pelaku bisnis di Indonesia,” ujar Direktur Utama Nusantara Card Semesta (NCS) Reni Sitawati Siregar dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (3/9).
Baca Juga: Nusantara Card Semesta (NCS) Bertekad Perkuat Bisnis Pengiriman di Sektor B2B
Apalagi, pemerintah juga sedang mendorong peningkatan angka aktivitas ekspor dari para pelaku UMKM. Sebagai tulang punggung ekonomi nasional, kontribusi UMKM terhadap ekspor secara keseluruhan masih rendah. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional baru sebesar 15,7% pada tahun 2023, sedangkan tahun ini ditargetkan bisa mencapai 17%.
Lantas, NCS bertekad mengambil peran penting dalam penyediaan layanan pengiriman internasional yang mumpuni dengan harga yang kompetitif.
Reni menyadari, selama ini masalah klasik yang sering kali ditemui dalam pengiriman internasional adalah ongkos kirim. “Tidak hanya pengirim perorangan, mahalnya biaya ongkir ini juga dikeluhkan oleh para pelaku UMKM, karena terkadang ongkos kirimnya bisa lebih mahal dari harga barang itu sendiri,” ungkapnya.
Bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, NCS memberikan penawaran menarik untuk pengiriman barang ke tiga negara di Asia, yakni China, Hongkong dan Taiwan berupa diskon ongkos kirim (ongkir) hingga 45%.
Jadi, para pelanggan NCS, terutama ritel dan UMKM tidak perlu ambil pusing ketika hendak mengirim produk menuju tiga negara tersebut. Sebab, biaya yang mesti dikeluarkan sangat ekonomis yakni mulai dari Rp 114.000 per kilogram (kg).
"Promo ini bisa digunakan sampai 31 Desember 2024 oleh pelanggan perorangan dan UMKM," tambah Reni.
Dipilihnya ketiga negara tersebut didasarkan beberapa pertimbangan oleh NCS. Di antaranya adalah fakta bahwa China adalah salah satu dari tiga negara tujuan ekspor nonmigas terbesar Indonesia per Juni 2024 sekalin Amerika Serikat dan India, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).
“Sementara Hongkong dan Taiwan, dari data BP2MI untuk periode Juli 2024 adalah dua negara dengan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar, dengan lebih dari 15.000 orang di sana atau sekitar 70% dari seluruh penempatan,” jelas Reni.
Baca Juga: Gandeng NCS, Startup Fresh Factory Siap Tambah 103 Gudang Cold Chain
Pangsa pasar yang besar ini diharapkan mampu menjadi salah satu penggerak produktivitas ekspor Indonesia. NCS pun ikut bangga dapat berkontribusi secara nyata dalam mengembangkan UMKM hingga ke pasar global.
Sebagai bagian dari komitmen untuk selalu memberikan solusi inovatif, pengiriman cepat, aman dan akurat, NCS tetap melayani pelanggan yang ingin melakukan pengiriman barang ke belahan dunia lainnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News