kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nusantara Infrastructure (META) Membidik Proyek Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami


Minggu, 10 September 2023 / 13:41 WIB
Nusantara Infrastructure (META) Membidik Proyek Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami
ILUSTRASI. Nusantara Infrastructure (META) tengah membidik beberapa proyek jalan tol.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) tengah membidik beberapa proyek jalan tol. Target proyek jalan tol META yang masih dalam proses adalah Proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami.

"Proyek jalan tol tersebut merupakan jalan tol strategis yang menghubungkan wilayah Jati Asih (Wilayah Jakarta Timur) dan Ulujami (Wilayah Jakarta Selatan) sepanjang kurang lebih 21,6 km," kata Head of Corporate Communication Nusantara Infrastructure Indah D.P. Pertiwi kepada Kontan.co.id, Jumat (8/9).

Proyek tersebut membentang sepanjang 21,50 kilometer dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di persimpangan Ulujami. Mengintip laman resmi simpulkpbu.pu.go.id, proyek ini berbiaya konstruksi Rp 13,43 triliun dengan Internal Rate of Return (IRR) 12,54%. Statusnya dalam tahap request for proposal (RfP).

Selain proyek JORR Elevated Cikunir-Ulujami, META juga memiliki proyek berjalan lain, di antaranya Penanganan Banjir KM 8 Tol BSD (Pondok Aren-Serpong) berupa peninggian di KM 8 dan weaving KM 10. 

Baca Juga: Lalu Lintas Tol Ramai, Pendapatan Emiten Sektor Jalan Tol bisa Terus Menebal

Indah melanjutkan, di tahun 2023 ini ada beberapa proyek strategis yang juga sedang dikerjakan oleh META di antaranya pembangunan proyek peninggian jalan Tol BSD di KM 8, proyek weaving Serpong Ramp Juction di KM 10, pembangunan akses Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 km di Makassar, dan terakhir proses tender Tol Jorr Elevated Cikunir-Ulujami tersebut.

Dia menyebut, hingga kini serapan capex META sudah sebesar Rp 406,2 miliar. Angka ini setara 46% dari total capex tahun 2023. Tahun ini META alokasikan total capex senilai Rp 1,6 triliun.

"Sementara untuk jumlah capex yang akan digunakan di semester II atau Juli sampai Desember adalah sekitar Rp 470 miliar atau setara dengan 54% dari total capex tahun 2023," imbuh dia.

Baca Juga: Sektor Jalan Tol Masih Jadi Andalan, Ini Deretan Proyek Strategis META Tahun 2023

META optimistis, bisnis jalan tol masih prospektif. Menurut Indah, masih banyak target yang harus dikejar dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2024. 

“Peluang untuk unsolicited project (proyek yang diajukan badan usaha swasta) tidak dibatasi selama memenuhi regulasi terkait,” kata Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×