kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OIKN Ungkap Logistik Jadi Tema Groundbreaking ke-4 di IKN Besok


Selasa, 16 Januari 2024 / 14:37 WIB
OIKN Ungkap Logistik Jadi Tema Groundbreaking ke-4 di IKN Besok


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencananya pada Rabu, 17 Januari 2024 akan dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap ke empat. 

Deputi Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono menjelaskan, ada beberapa proyek yang akan dilakukan groundbreaking esok. Di mana Agung menyebut tema groundbreaking keempat yakni logistik. 

Baca Juga: Proyek Kereta di Ibu Kota Nusantara (IKN) Diserahkan ke Investor China

Pasalnya dari proyek yang akan mulai dibangun, ada tiga proyek pembangunan area pergudangan untuk keperluan logistik di IKN. Diantaranya groundbreaking Nusantara Logistik Hub oleh Pos Indonesia, Area Pergudangan oleh SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park oleh PT Wulandari Bangun Laksana. 

"Nah dua ini SUN Hub dan Nusantara  Warehouse Park menunjukan bahwa logistik jadi tema ground breaking kali ini bersama dengan Pos Indonesia," kata Agung dalam Media Briefing yang digelar OIKN, Selasa (16/1).

Ia menjelaskan, dari BUMN PT Pos Indonesia bakal membangun Nusantara Logistik Hub yang menggandeng PT Bina Karya yang merupakan Badan Usaha Otorita. 

Baca Juga: Infratruktur Telekomunikasi Tahap I di IKN Ditargetkan Beroperasi Agustus 2024

Sedangkan dari swasta ada SUN Hub dan PT Wulandari Bangun Laksana. PT Wulandari Bangun Laksana kata Agung merupakan investor lokal Kalimantan yang sebelumnya sudah melakukan groundbreaking Nusantara Super Block.

"Karena Super Block dengan adanya mall atau hotel itukan perlu logistik, jadi perlu pergudangannya," kata Agung. 

Selanjutnya pembangunan fasilitas logistik di IKN juga diperlukan dalam mendukung rencana perpindahan ASN ke Nusantara. 

Selain pergudangan logistik, groundbreaking tahap 4 besok juga akan memulai proyek pembangunan masjid negara, kantor OIKN dan memorial park yang menggunakan anggaran APBN.

Sedangkan dari BUMN selain Pos Indonesia, juga akan mulai dibangun studio siaran radio di IKN oleh RRI. 

Baca Juga: Ikut Menggarap Proyek Jalan Tol IKN

Selain itu di sektor keuangan akan mulai dibangun juga kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Serta akan ada tambahan proyek pembangunan hotel dengan rencana peletakkan batu pertama pada proyek hotel bintang 5 Jambu Wuluk. Dan terakhir Green Pesantren yang menjadi pilot project reforestasi di IKN. 

"Karena perpindahan ASN yang bertahap, artinya bukan semua langsung pindah tapi bertahap, maka akan banyak ASN datang dan para pengunjung kita harapkan datang ke IKN sehingga hotel sangat penting," imbuh Agung.  

Mengenai nilai investasi dari proyek yang akan dilakukan groundbreaking pada tahap keempat besok Agung belum bisa menyampaikan. Ia menyebut nilai investasi akan disampaikan besok saat groundbreaking proyek-proyek tersebut dilakukan. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: IKN Jadi Magnet Bagi Investor Timur Tengah

Rencananya groundbreaking tahap 4 besok akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya menghadiri groundbreaking, Agung mengatakan Presiden juga akan meninjau proyek-proyek pembangunan di IKN. Di mana data terakhir tercatat progres pembangunan keseluruhan IKN sudah mencapai 70%. 

"Besok presiden disana sehari penuh untuk 11 titik ini dan mudah-mudahan semua lancar," tutup Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×