kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Operasikan 4G, Tri targetkan pelanggan naik 15%


Senin, 14 Desember 2015 / 10:48 WIB
Operasikan 4G, Tri targetkan pelanggan naik 15%


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kalau tak ada aral melintang, PT Hutchison 3 Indonesia akan mengomersialkan teknologi fourth generation long term evolution (4G LTE) tahun depan. Operator seluler 3 (Tri) tersebut tak khawatir kalah start ketimbang operator seluler lain.

Hutchison 3 mengaku, sejatinya, sudah bisa mengomersialkan 4G LTE tahun ini. Namun, perusahaan itu memilih menunda jadwal komersialisasi pada Februari 2016. Alasan mereka, penetrasi pasar device alias ponsel 4G di tanah air masih relatif mini sehingga layanan teknologi itu belum menghasilkan banyak uang.

Sementara dari kacamata konsumen, Hutchison 3 menilai, konsumen lebih membutuhkan layanan data yang berkualitas, dengan tawaran harga terjangkau.

Dus, Hutchison 3 beranggapan masih bisa melayani pelanggan data via teknologi 3G. "Layanan data di mobile masih bisa dipenuhi dengan layanan 3G di bawah 1 megabyte per second (Mbps)," beber M. Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia kepada KONTAN, Minggu (13/12).

Meskipun begitu, Hutchison 3 sadar, mereka harus pasang strategi agar bisa mendapatkan konsumen. Sebab, mereka harus bersaing dengan paling tidak tiga operator seluler lain yang sudah lebih dahulu menggarap bisnis 4G LTE pada tahun ini. Mereka adalah PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Indosat Tbk,  dan PT XL Axiata Tbk.

Nah, manajemen Hutchison 3 akan menyodorkan paket data khusus ke pelanggan. "Tapi, bukan harga subsidi, apalagi menjadi pemicu perang harga," tegas Danny.

Pada tahap awal, Hutchison 3 akan menyediakan layanan 4G LTE di lima kota terlebih dahulu. Pilihan kota yang menjadi incaran mereka yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Pontianak, Banjarmasin, dan Batam. Rencana perusahaan itu, setelah enam bulan mengoperasikan layanan 4G LTE di lima kota, mereka akan masuk kota baru yang lain.

Hutchison 3 menargetkan jumlah data yang melintas pada jaringannya bakal meningkat pasca mengomersialkan 4G LTE tahun depan. Perusahaan itu mengaku, jumlah data di jaringan Tri saat ini sebesar 1.300 terabyte (TB) per hari.

Sementara target pertumbuhan jumlah pelanggan tahun 2016 sebesar 10%-15%. Hutchison 3 mengklaim telah mendekap 54 juta pelanggan. Sebanyak 65%-70% adalah pengguna data aktif. Lantas, dua juta di antaranya adalah pengguna handset 4G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×