kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.237.000   3.000   0,13%
  • USD/IDR 16.640   3,00   0,02%
  • IDX 8.044   -17,24   -0,21%
  • KOMPAS100 1.114   -2,28   -0,20%
  • LQ45 784   -9,49   -1,20%
  • ISSI 282   1,25   0,44%
  • IDX30 411   -4,49   -1,08%
  • IDXHIDIV20 468   -6,38   -1,35%
  • IDX80 122   -0,32   -0,26%
  • IDXV30 133   0,84   0,63%
  • IDXQ30 130   -1,49   -1,14%

Operasional Berangsur Normal, Refund KA Argo Bromo Anggrek Diperluas


Selasa, 05 Agustus 2025 / 13:26 WIB
Operasional Berangsur Normal, Refund KA Argo Bromo Anggrek Diperluas
ILUSTRASI. Refund dari KAI berlaku bagi pelanggan yang terdampak dan memiliki tiket keberangkatan pada tanggal 1, 2, dan 3 Agustus 2025


Reporter: Lydia Tesaloni | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan operasional perjalanan kereta api penumpang antarkota telah berangsur normal pasca gangguan perjalanan akibat insiden rintang jalan yang dialami KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Agustus 2025 lalu.

Per Senin (4/8/2025), tercatat sebanyak 283 kereta api berangkat dari berbagai stasiun di seluruh Indonesia, dengan 280 di antaranya atau 99% berangkat tepat waktu.

Sementara itu, dari 284 KA yang tiba, sebanyak 241 KA atau 85% tiba tepat waktu, 21 KA atau 7,2% terlambat kurang dari 20 menit, dan 22 KA atau 7,8% terlambat lebih dari 20 menit.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyebut, KAI kini memperluas akses layanan pengembalian bea tiket (refund) 100% sebagai bentuk tanggung jawab atas ketidaknyamanan pelanggan.

Baca Juga: Commuter Line Bogor Anjlok, KAI Rekayasa Pola Operasi

Refund ini berlaku bagi pelanggan yang terdampak dan memiliki tiket keberangkatan pada tanggal 1, 2, dan 3 Agustus 2025,” ungkap Anne dalam keterangan yang diterima Kontan, Selasa (5/8/2025). 

Mulai Senin, 4 Agustus 2025 pukul 14.00 WIB, pelanggan dapat melakukan pembatalan dan pengajuan refund secara mandiri melalui Contact Center 121 via telepon di 021-121 atau melalui fitur VoIP di aplikasi Access by KAI yang terhubung ke layanan Call Center 021-121, tanpa harus datang ke loket stasiun.

Ketentuan layanan refund 100% ini diberikan kepada pelanggan yang:

  1. Mengalami keterlambatan keberangkatan lebih dari 1 jam,

  2. Menolak perubahan rute (rerouting),

  3. Tidak dapat melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan,

  4. Menolak moda pengganti yang ditawarkan.

Berikut skema pengembalian bea:

  • Refund 100% dari nilai tiket, tidak termasuk bea pemesanan.

  • Berlaku untuk pelanggan dengan tiket keberangkatan tanggal 1–3 Agustus 2025.

  • Berlaku bagi pelanggan yang tidak jadi berangkat akibat gangguan operasional.

  • Refund dilakukan tunai (loket stasiun online) atau transfer (melalui Call Center 121).

  • Pembatalan dapat dilakukan dalam jangka waktu maksimal 7x24 jam dari tanggal keberangkatan.

Dokumen yang diperlukan saat mengajukan refund melalui Call Center 121:

  • Kode booking

  • Nama penumpang

  • NIK (Nomor Induk Kependudukan)

  • Nomor rekening

  • Nomor telepon aktif

  • Alamat email

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×