kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Optimalkan promosi UKM, LLP Kemenkop revitalisasi Smesco


Senin, 05 Februari 2018 / 15:38 WIB
Optimalkan promosi UKM, LLP Kemenkop revitalisasi Smesco
ILUSTRASI. SMESCO Boyong UKM Binaan ke Arab Saudi


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP Kemenkop UKM) Emilia Suhaimi menegaskan, dengan branded barunya yaitu Smesco Indonesia, akan melakukan sejumlah langkah untuk menjadikan Smesco Indonesia menjadi pusat promosi dan pemasaran produk-produk unggulan KUKM seluruh Indonesia dan sebagai destinasi belanja dan pusat oleh-oleh Indonesia.

“Di antaranya dengan merevitalisasi Paviliun Provinsi, misalnya dari segi tempat yang lebih menyatu dan gampang dijangkau pengunjung, kelengkapan dan kurasi produk maupun aneka promosi. Anggarannya menggunakan Dana dekonsentrasi untuk Smesco sebesar Rp 7 miliar," kata Emelia akhir pekan di Jakarta.

Emilia mengaku saat ini kunjungan pelanggan ke Paviliun Provinsi masih sangat rendah sehingga tingkat perputaran produk yang ditampilkan juga sangat rendah. Emilia juga melihat, sedikitnya kuliner di Smesco Indonesia, juga membuat masyarakat kurang tertarik berkunjung. Oleh sebab itu pihaknya akan memperbanyak kuliner dari seluruh Nusantara.

Bila pada 2017, LLP Kemenkop UKM dapat memasarkan 2.586 mitra Koperasi dan UKM, pada 2018, Emelia tidak akan mengejar angka signifikan.

Dia ingin meningkatkan kualitas Koperasi dan UKM yang bermitra dengan LLP Kemenkop UKM. Selain itu, saat ini LLP Kemenkop UKM sudah bekerja sama dengan Bukalapak, Blibli.com, Lazada, Qlapa.com, Elevenia, dan Tokopedia.

"Kita akan terus tambah mitra pasar digital. Dalam waktu dekat ini kita akan kerja sama dengan Cargonya Garuda. Sehingga memudahkan bagi UKM memanfaatkan fasilitas Cargo Garuda," pungkas Emelia.

Menurut Emilia, positioning Smesco sebagai pusat promosi dan pemasaran produk KUKM Indonesia akan diperkuat dengan branding Smesco Indonesia. Selain itu, kesiapan Dinas Provinsi untuk mengirimkan produk unggulan daerah ke Paviliun Provinsi sehingga dapat menjaga ketersediaan stock inventory dan dapat dijadikan sebagai produk potensial ekspor.

Hal lainnya, lanjut Emilia, display permanen produk unggulan daerah di Paviliun Provinsi Gedung SME Tower yang saat ini terdiri dari 4 lantai menjadi 2 lantai. Dinas Provinsi juga diharapkan untuk mendukung dan berpartisipasi pada event promosi tahunan Smesco.

“Dengan dasar itulah dalam rangka memperkuat akses pasar produk KUKM, khususnya Paviliun Provinsi, LLP KUKM melakukan Revitalisasi Paviliun Provinsi yang bertujuan untuk menjadi pusat promosi dan pemasaran produk-produk unggulan KUKM seluruh Indonesia dan sebagai destinasi belanja dan pusat oleh-oleh Indonesia,” pungkas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×