Reporter: Leni Wandira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen motor listrik premium ALVA memproyeksikan tren penjualan pada kuartal III-2025 tetap berada di jalur positif.
Optimisme ini didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap mobilitas berkelanjutan, yang menjadi momentum bagi pertumbuhan industri kendaraan listrik roda dua di Tanah Air.
Chief Marketing Officer ALVA, Putu Swaditya Yudha, mengatakan minat konsumen terhadap motor listrik ALVA terus menguat, terutama setelah kehadiran model terbaru seperti ALVA N3 dan CERVO X.
Baca Juga: Arsjad Rasjid, Dirut Indika Energy&Purbaja Pantja, CEO ALVA Tinjau Pabrik Motor ALVA
“Respons pasar terhadap produk-produk terbaru kami sangat positif. Ini menjadi sinyal kuat bahwa segmen motor listrik premium memiliki potensi pertumbuhan yang besar,” ujarnya kepada KONTAN, Kamis (14/8/2025).
Untuk menjaga momentum ini, ALVA mengandalkan strategi terintegrasi yang mencakup inovasi teknologi, perluasan jaringan distribusi dan layanan purna jual, serta kampanye edukasi pasar.
Perusahaan kini tengah mengembangkan teknologi fast charging berbasis Nex-Gen Battery melalui tim R&D internal, didukung oleh jaringan Boost Charge Station dan layanan purna jual yang andal.
Putu menilai kolaborasi erat antara pemerintah, pelaku industri, dan penyedia infrastruktur akan menjadi katalis utama bagi percepatan adopsi motor listrik.
Baca Juga: Diskon Pajak Motor Listrik Ditargetkan Meluncur Bulan Ini, Begini Respon ALVA
"Kombinasi regulasi yang tepat, infrastruktur memadai, dan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat akan mendorong industri ini tumbuh lebih cepat,” jelasnya.
Meski peluang besar terbuka, tantangan tetap ada. Edukasi pasar dan keterbatasan infrastruktur pengisian daya menjadi hambatan yang perlu diatasi.
Untuk itu, ALVA memperluas jangkauan ke luar Pulau Jawa melalui pembangunan ALVA Experience Center, penambahan boost charging station, serta kerja sama dengan penyedia infrastruktur, lembaga pembiayaan, dan pemerintah daerah.
Hingga saat ini, ALVA memiliki lebih dari 110 konektor boost charging station di 50 lokasi, lebih dari 10 ALVA Experience Center di Jawa, Bali, dan Kalimantan, serta menggandeng 48 mitra layanan purna jual di 23 kota.
Baca Juga: Tuntaskan Akuisisi ECGO, Bangun Karya (KRYA) Masuk Bisnis Motor Listrik
Perusahaan juga aktif melakukan kampanye kolaboratif bersama media dan komunitas untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
Dengan kombinasi inovasi produk, dukungan infrastruktur, dan strategi pasar yang terintegrasi, ALVA optimistis penjualan motor listrik akan terus bergerak positif hingga akhir tahun, sekaligus memperkuat pertumbuhan industri kendaraan listrik yang merata dan berkelanjutan di Indonesia.
Selanjutnya: 192.823 Wisatawan RI Kunjungi Penang di Semester I-2025, Wisata Medis Jadi Andalan
Menarik Dibaca: MR.DIY Buka Toko Ke 1.100, Gandeng 200 Mitra UMKM
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News