kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pada Tahun Ini, Catur Sentosa (CSAP) Agresif Tambah Gerai


Minggu, 18 Juni 2023 / 05:45 WIB
Pada Tahun Ini, Catur Sentosa (CSAP) Agresif Tambah Gerai


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), perusahaan pengelola gerai ritel modern Mitra10 menuturkan bahwa tidak ada  kenaikan harga bangunan sampai saat ini.

Idrus Widjajakusuma Corporate Secretary CSAP mengatakan untuk menghadapi persaingan yang ketat, CSAP melancarkan ekspansi agresif alih-alih menaikkan harga jual.

"CSAP tetap merencanakan membuka 5 toko baru di tahun ini, memperkuat jaringan ritel modern, penyediaan kebutuhan dan layanan kepada pelanggan serta meningkatkan penjualan offline maupun online pada segmen ini," paparnya kepada Kontan, belum lama ini. 

Dia melanjutkan, pihaknya juga memperkuat jaringan distribusi, menambah produk baru, armada dan pengembangan kawasan pergudangan. Dengan begini, CSAP berharap dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan handal.

Baca Juga: Perbaiki Kinerja di 2023, Berikut Prospek dan Strategi Integra Indocabinet (WOOD)

Lebih detail, Idrus menjelaskan gerai baru tersebut akan difokuskan di daerah Jabodetabek, Kendari, Sumatra, Kalimantan, dan Banjarmasin. Pada tahun 2023, CSAP berencana mencapai targetnya untuk memiliki 50 gerai Mitra10 dengan rencana membuka 5 gerai superstore Mitra10 baru. Catur Sentosa menargetkan 100 gerai pada 2030.

Dengan rencana kerja ini, CSAP menyiapkan investasi alias capital expenditure sebesar Rp 1,3 triliun. Idrus menjelaskan bahwa mayoritas capex alias 85% dari dana tersebut akan dialokasikan pada pengembangan segmen ritel modern dan sisanya 15% digunakan untuk segmen distribusi.

"Tahun ini kami targetkan pertumbuhan penjualan secara konsolidasi adalah 8,5% dibandingkan tahun lalu dengan laba bersih Rp 245 miliar," paparnya.

Sebagai informasi, CSAP mengantongi penjualan Rp 15,45 triliun pada tahun 2022. Dari perolehan itu, CSAP berhasil menyisihkan laba bersih sebesar Rp 246 miliar, atau tumbuh 11,81% dibanding realisasi laba tahun 2021.

Baca Juga: Delta Dunia (DOID) Catatkan Kerugian hingga US$ 618,94 Juta pada Kuartal I

Sementara itu, CSAP meraih laba bersih Rp 64,62 miliar, turun 18,54% pada periode kuartal I 2023 dan total penjualan CSAP naik 3,57% (YoY) menjadi Rp 4,06 triliun. 

"Dengan pencapaian ini, kami masih percaya diri bisa mencapai pertumbuhan pendapatan minimal 8,4% pada akhir tahun 2023. Dengan estimasi tersebut, CSAP membidik pertumbuhan laba bersih sebanyak 15%," papar Idrus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×