kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakuwon Group Bangun Mall di Bekasi, Ditargetkan Buka Awal Tahun 2025


Sabtu, 18 Maret 2023 / 16:05 WIB
Pakuwon Group Bangun Mall di Bekasi, Ditargetkan Buka Awal Tahun 2025


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pakuwon Group mengawal ekspansi bisnis pusat perbelanjaan atau mall. Saat ini, Pakuwon tengah mengawal penyelesaian proyek mall anyarnya di Bekasi, yakni Pakuwon Mall Bekasi. 

Director of Business Development Pakuwon Group, Ivy Wong mengatakan, pihaknya tengah mengawal pengerjaan struktur Pakuwon Mall Bekasi. 

“Saya rasa 10 bulan dari sekarang mungkin sudah bisa topping off,” ujar Ivy saat ditemui di Bekasi, Jumat (17/3).

Pakuwon Mall Bekasi dibangun dengan konsep superblok dengan luas 3,8 hektar. Nantinya, Pakuwon Mall Bekasi bakal terintegrasi dengan Four Point by Sheraton dan International Chain Hotel Fairfield by Marriott, serta luxury apartment yaitu Pakuwon Residences Bekasi yang terdiri dari 4 tower hunian dengan total 2500 unit apartment yang di bangun tepat di atas Pakuwon Mall Bekasi.

Baca Juga: Akuisisi Hotel Four Points Kuta, Pakuwon Jati (PWON) Gelontorkan Dana Rp 165 Miliar

Manajemen percaya, konsep yang demikian bisa memberikan direct traffic dari penghuni apartemen. Catatan saja, Pakuwon Residences Bekasi diperkirakan bakal ditinggali oleh lebih dari 5000 penghuni. 

Di sisi lain, okupansi dari hotel juga dipercaya bakal menciptakan captive market.

Pakuwon Mall Bekasi mulai dibangun pada awal tahun 2022 lalu. Kalau tidak ada aral melintang, Pakuwon Mall Bekasi direncanakan bisa beroperasi pada awal tahun 2025. Sementara itu, proyek apartemen yang menyertainya direncanakan beroperasi akhir 2025, sedang hotelnya pada  2026-2027.

Luas sewa Pakuwon Mall Bekasi sekitar 45.000 meter persegi dan bisa menampung sekitar 300 tenant. 
Pakuwon telah menggandeng Aeon Store sebagai salah satu Anchor tenant Pakuwon Mall Bekasi. Keduanya telah melakukan seremonial penandatanganan pada Jumat (17/3) untuk rencana kerja sama tersebut.

Menurut catatan Ivy, saat ini jumlah tenant Pakuwon Mall Bekasi sudah hampir 300. Beberapa tenant yang dimaksud misalnya Starbuck, iBox, HOKA, PUMA, Samsung, dan masih banyak lagi.

“Mall kita sudah hampir penuh sekarang, space yang sisa enggak banyak,” kata Ivy.

Menurut hitungan manajemen, total investasi Pakuwon Mall Bekasi berikut proyek apartemen dan hotelnya berkisar Rp 2,2 triliun. Pakuwon berencana mengandalkan kas internal untuk membiayai proyek tersebut.

Baca Juga: Perkuat Pendapatan Berulang, Pakuwon (PWON) Akuisisi Hotel Four Points Kuta di Bali

Mengintip Laporan Keuangan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PWON mengantongi Kas dan Setara Kas Akhir Periode sebesar Rp 7,92 triliun per 30 September 2022 lalu. Jumlah tersebut naik 22,82% dibanding posisi Kas dan Setara Kas Awal Periode (2022) yang berjumlah Rp 6,44 triliun.

Pakuwon Mall Bekasi bakal menambah daftar portofolio mall Pakuwon Group. Saat ini, jaringan pusat perbelanjaan Pakuwon Group sudah menyebar di beberapa kota, yakni Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Town Square, Food Festival, dan Food Junction di Surabaya, Blok M Plaza, Gandaria City Mall, Kota Kasablanka Mall di Jakarta, Hartono Mall di Yogyakarta, dan Hartono Mall di Solo. 

Saat ini, kontribusi pendapatan Pakuwon Group dari bisnis mall berkisar 40% dari total pendapatan konsolidasi.  

Rencana ekspansi Pakuwon Group tidak berhenti di Pakuwon Mall Bekasi. Pakuwon Group berencana kembali melanjutkan ekspansi mall di Jawa Tengah dan Batam. 

Hanya  saja, Ivy mengaku belum bisa merinci lebih lanjut rencana ekspansi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×