kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,85   -12,38   -1.32%
  • EMAS915.000 -0,97%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.26%

Pakuwon (PWON): Akibat Covid-19 dan WFH, penyewa ruang kantor minta downsizing


Kamis, 21 Januari 2021 / 17:51 WIB
Pakuwon (PWON): Akibat Covid-19 dan WFH, penyewa ruang kantor minta downsizing
ILUSTRASI. Tingkat okupansi penyewaan ruang kantor Pakuwon Jati (PWON) masih berada di kisaran 85% sampai dengan 90%.

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti sekaligus pengelola gedung perkantoran, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) mengatakan bahwa saat ini banyak penyewa meminta downsizing dan early termination karena work from home (WFH) yang sudah berjalan satu tahun.

Direktur Pengembangan Bisnis PWON, Ivy Wong menuturkan, permintaan ini kebanyakan datang dari perusahaan kecil dan medium lokal yang sektor bisnisnya terkena dampak pandemi secara langsung. "Yang meminta downsize tidak signifikan walaupun ada. Kami memiliki strata title dan sebesar 60% ruang sudah terjual," kata Ivy kepada Kontan, Kamis (21/1).

Dia menambahkan, sebesar 40% disewakan pada perusahaan besar asing. Perusahaan seperti HP, Prudential, dan LG, masih sesuai dengan kontrak dan tidak mengembalikan space.

Ivy melanjutkan, kini harga sewa juga ikut turun sebesar 10% sampai 20%. Adapun tingkat okupansi penyewaan ruang kantor PWON masih berada di kisaran 85% sampai dengan 90%.

Baca Juga: Pemulihan sektor properti dimulai pada akhir 2020 dan masih akan berlanjut

Sebagai informasi, PWON mengelola ruang-ruang perkantoran di Pakuwon Tower Kasablanka dengan tinggi 40 lantai dan luas 80.000 meter persegi. Pada tahun 2019 lalu, kontribusi penjualan ruang kantor dan sewa kantor PWON menempati posisi masing-masing 4% dan 2% dari total pendapatan Pakuwon.

Di masa pandemi ini, PWON menilai sektor online shop, masih terus berekspansi menambah ruang kantor sebab masih mencetak keuntungan. Dengan begitu, penyewa ruang kantor PWON di masa pandemi diisi oleh pemilik usaha online shop.

"Strategi ke depannya, jelas kami harus terus kompetitif dan tak lupa menyesuaikan harga sewa. Saat ini bisa dikatakan kondisi di sektor penyewaan ruang kantor PWON masih aman karena okupansi tinggi. Tetapi kami hold pembangunan gedung perkantoran tahun ini," tutup dia.

Baca Juga: Tingkat okupansi tenant Pakuwon Jati (PWON) masih berada di angka 90%

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×