Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten Agung Sedayu Group dan Salim Group, PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) membidik marketing sales sebesar Rp 2,1 triliun pada tahun 2023 ini. Pihaknya meyakini target tersebut dapat tercapai di penghujung tahun nanti.
Sekretaris Perusahaan Pantai Indah Kapuk Dua, Christy Grassela, menyatakan bahwa realisasi marketing sales hingga saat ini masih sejalan dengan target yang ditetapkan. Di mana, hingga periode September 2023 realisasinya sudah mencapai sekitar 81% dari target.
“Untuk sembilan bulan terakhir itu, kami sudah sampai Rp 1,7 triliun (marketing sales), di kuartal keempat mungkin masih ada sekitar Rp 500 miliar. Kami cukup confidence itu bisa tercapai,” ungkap Christy, kepada Kontan.co.id, Kamis (2/11).
Baca Juga: Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) Bukukan Pendapatan Rp 1,62 Triliun di Kuartal III-2023
Jika diperinci, marketing sales tersebut berasal dari tiga segmen meliputi sebanyak 45% proyek komersial, 39% tanah komersial, dan 16% sisanya dari proyek hunian.
Christy memaparkan, keahlian atau keunggulan Pantai Indah Kapuk Dua (PIK2) terdapat pada proyek hunian dan komersial dengan bentuk ruko, rukan, serta pergudangan.
Nah, di segmen hunian sendiri, PANI membidik segmen menengah hingga menengah ke atas dengan harga mulai dari Rp 1,5 miliar sampai dengan Rp 20 miliar.
Baca Juga: Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) Raih Marketing Sales Rp 1,7 Triliun hingga Kuartal III
Mengutip website PIK2, beberapa proyek hunian yang dikembangkan PANI di antaranya The Peninsula Residences, Casa Pasadena, Rumah Milenial, Permaha Hijau Residences, Sapporo Residences, Villa Pasir Putih Residences, dan masih banyak lagi.
Kemudian ada juga proyek komersial seperti rukan EuroAsia, Rukan Capcay PIK2, Rukan Marina Bay PIK2, Pasadena Walk, Soho Ginza Beachwalk, dan yang baru dikembangkan adalah Rukan River Safari. Harga dari proyek komersial ini juga beragam tergantung pada ukuran dan juga lokasi.
Manajemen PANI mengklain, pihaknya selalu konsisten untuk terus mengembangkan proyek-proyek baru. Setidaknya, akan ada dua proyek anyar yang dipasarkan di setiap kuartal.
“Kalau dari awal tahun sampai sekarang sudah lebih dari lima produk baru yang kami pasarkan,” jelasnya.
Selain fokus mengembangkan proyek baru, PANI juga getol menambah cadangan land bank mereka. Belum lama ini PANI telah merampungkan pembelian land bank seluas 6,3 hektar atau setara Rp 158 miliar.
Dengan adanya penambahan tersebut, kini PANI memiliki sekitar 749 hektar land bank per September 2023. “
Baca Juga: Pantai Indah Kapuk (PANI) Raup Marketing Sales Rp 1,7 Triliun Hingga September 2023
Dari sisi kinerja keuangan, pendapatan PANI tercatat mencapai Rp 1,62 triliun atau mengalami kenaikan sebanyak 12 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 130,69 miliar.
Penjualan properti yang merupakan lini bisnis utama PANI menjadi penopang utama peningkatan pendapatan selama periode Januari-September 2023.
Untuk diketahui, sejak tahun 2022, PANI sudah bertransformasi menjadi pengembang properti yang memfokuskan pembangunannya di Pantai Indah Kapuk 2, yang terletak di bagian utara Jakarta dengan orientasi segmen pasar menengah dan menengah ke atas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News