kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pariwisata Mulai Pulih, Tiket.com Catat Pertumbuhan Bisnis Hingga 40% Pada 2021


Minggu, 26 Desember 2021 / 12:54 WIB
Pariwisata Mulai Pulih, Tiket.com Catat Pertumbuhan Bisnis Hingga 40% Pada 2021
ILUSTRASI. Seorang model saat menunjukkan aplikasi Tiket com dengan logo barunya di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tiket.com mencatatkan pertumbuhan performa bisnis mencapai 40% pada tahun 2021 bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Tumbuhnya kinerja bisnis Online Travel Agent (OTA) ini menjadi sinyal pergerakan roda pariwisata nasional yang didukung oleh pertumbuhan angka vaksinasi, sehingga masyarakat mulai berani kembali berencana untuk bepergian.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com Gaery Undarsa mengungkapkan bahwa tiket.com juga menjalankan berbagai langkah dalam mendorong pemulihan sektor pariwisata di Indonesia.

Pertumbuhan bisnis yang dicatatkan juga didorong oleh berbagai program akhir tahun tiket.com, yang menjadi daya pikat masyarakat merencanakan liburan dan perjalanan dengan mudah dan hemat.

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Pedagangan RI, LPEI Boyong UKM Indonesia ke Dubai Expo

“Di awal tahun ini, tiket.com telah berkomitmen untuk fokus pada pemulihan pariwisata nasional. Dengan bermitra secara strategis dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tiket.com turut menjalankan beberapa program secara berkesinambungan, diantaranya gencar mempromosikan pariwisata di Indonesia," ujar Gaery dalam keterangan tertulis, Minggu (26/12).

tiket.com juga menyelenggarakan berbagai program yang customer-centric untuk menstimulasi gairah pariwisata atau industri perjalanan. Diantaranya dari regularity program promo yang dijalankan, fitur tiket Flexi untuk kemudahan penggantian jadwal perjalanan, hingga predikat tiket Clean untuk mendorong angka kunjungan ke tempat wisata dan properti hunian seperti hotel.

Selain itu, tiket.com turut membuka sentra vaksinasi di beberapa kota seperti Jakarta dan Yogyakarta, kemudahan untuk mendapatkan tes Antigen dan PCR di tiket To Do, juga melakukan integrasi dengan PeduliLindungi untuk fitur Safe Entrance Scan Code.

Baca Juga: Penambahan Jabatan Wakil Menteri Dinilai Sebagai Bentuk Inkonsistensi Jokowi

"Ini menjadi salah satu kanal informasi perubahan peraturan perjalanan, serta menyelenggarakan berbagai lokakarya bagi para pemangku kepentingan di destinasi wisata," sambung Gaery.

Adapun berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, industri pariwisata di Indonesia perlahan menunjukkan pemulihan yang cukup optimis. Terbukti dengan hadirnya fenomena revenge tourism atau fenomena meningkatnya arus pergerakan wisatawan yang timbul karena antusiasme yang tinggi dari calon wisatawan.

Fenomena tersebut turut mencerminkan performa tiket.com di Q4-2021 yang meroket 80% dibandingkan pada Q3-2021. Hal ini disebabkan oleh beberapa program unggulan yang terus digencarkan oleh tiket.com, beberapa diantaranya adalah; Every Day Low Prices untuk maskapai terkemuka, peluncuran kartu kredit BCA tiket.com Mastercard, serta fitur tiket PayLater. 

Selain itu, ajang tahunan program OTW (Online Tiket Week) telah sukses meningkatkan transaksi tiket pesawat hingga 45% pada periode OTW dibandingkan dua minggu sebelumnya. "Secara keseluruhan, ajang OTW memberikan kontribusi besar terhadap total pemesanan Q4-2021," ujar Gaery.

Sedangkan pada tahun depan, tiket.com menargetkan pertumbuhan jumlah transaksi sejalan dengan rebound yang signifikan dalam permintaan liburan dan pariwisata yang diyakini akan terus tumbuh sepanjang 2022.

Baca Juga: Menggarap Bisnis Kuliner Sehat dan Green

Dengan mempertajam fokus pada peningkatan pelayanan kebutuhan nasabah, tiket.com berkomitmen menjadi platform perjalanan dan gaya hidup yang menghadirkan pengalaman menarik terhadap produk dan pilihan aktivitas di platform tiket.com.

“Tiket.com akan melakukan pendekatan menyeluruh dan terpadu guna memperkuat landasan bisnis di tahun 2022. Pendekatan strategis seperti penetapan fondasi harga, kelengkapan inventory produk layanan jasa, serta kemudahan penggunaan aplikasi tiket.com, akan memberikan value lebih kepada Sobat Tiket dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” tutup Gaery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×