kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar makin gendut, model motor skutik bakal kian ramai


Rabu, 07 Februari 2018 / 21:42 WIB
Pasar makin gendut, model motor skutik bakal kian ramai
ILUSTRASI. All New Honda PCX


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan motor skutik di Indonesia terus bertumbuh.Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan motor skutik pada 2011 hanya menyerap 52% dari pangsa pasar nasional, namun di 2017 sudah meroket menjadi 82% menguasai pasar nasional.

Itu sebabnya Astra Honda Motor (AHM) akan banyak menyediakan model skutik tahun ini. Tak hanya skutik premium PCX, AHM juga akan meluncurkan skutik model lain.

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya menjelaskan, selain menyediakan produk skutik untuk berbagai kelas masyarakat, AHM juga tetap akan luncurkan model bebek maupun sport di tahun ini.

Asal tahu, Honda baru saja meluncurkan skutik premium PCX dengan target penjual sebanyak 150.000 unit dalam setahun. "Sementara varian entry level penjualannya masih mendominasi penjualan Honda. Baik dari seri Beat maupun Vario," kata Thomas.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menjelaskan tak hanya motor berbahan bakar bensin, tahun ini Honda juga akan luncurkan motor tanpa emisi. "Di pertengahan tahun akan ada sepeda motor Hybrid dan juga di akhir tahun akan kami luncurkan sepeda motor listrik," kata Loman.

Loman yang juga Ketua AISI menjelaskan pada Januari 2018 penjualan nasional juga mengalami tanda peningkatan. Tercatat pada Januari, penjualan sepeda motor domestik sekitar 481.000 unit atau naik dari periode sama tahun lalu sebanyak 473.000 unit.
"Honda berhasil menjual sekitar 345.000 unit di Januari," katanya.

Eddy Ang, Deputi GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan tren penjualan skutik nasional memang menjanjikan. Sedangkan segmen selain skutik, Eddy menilai kemungkinan turun kontribusinya penjualannya tahun ini.

Di segmen motor premium, Yamaha baru saja memperkenalkan varian keluarga MAXI Scooter yakni Yamaha Lexi. Hanya saja penjualan resmi belum dilaksanakan. "Beberapa diler sudah membuka inden, tapi kami belum jual resmi. "Harga Lexi dan pemesanan akan kami umumkan," jelas Eddy, Rabu (7/2).

Untuk target penjualan Yamaha belum memberi gambaran. Hanya saja Yamaha memperkirakan penjualan nasional akan tetap sama seperti tahun lalu yakni di rentang 5,4 juta unit sampai 5,5 juta unit.

"Penjualan Januari kami sekitar 123.000 unit," kata Eddy. Bila dilihat dari data Januari tahun lalu jelas ada peningkatan karena tahun lalu Yamaha berhasil menjual 94.117 unit saja.

Sedangkan, Suzuki sampai saat ini belum mengeluarkan model baru di segmen skutik premium. Yohan Yahya, General Marketing and Sales 2 Wheels PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyadari pasar skutik dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Hal ini membuat Suzuki akan mulai fokus ke model tersebut di tahun ini.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×