kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar mobil belum kondusif, Honda Prospect Motor berupaya pertahankan market share


Selasa, 17 Maret 2020 / 17:22 WIB
Pasar mobil belum kondusif, Honda Prospect Motor berupaya pertahankan market share
ILUSTRASI. Penjualan mobil nasional sampai dengan dua bulan pertama tahun ini masih menampakkan pelemahan. KONTAN/Baihaki/20/3/2019


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan mobil nasional sampai dengan dua bulan pertama tahun ini masih menampakkan pelemahan. Berbagai faktor menjadi penyebab lemahnya pasar otomotif. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) volume penjualan mobil nasional sampai Februari 2020 turun sekitar 2,4% year on year (yoy) menjadi 159.997 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, kondisi pasar juga dipengaruhi oleh kondisi eksternal dunia usaha. "Seperti yang diketahui periode awal tahun ini banyak dipengaruhi oleh bencana banjir di banyak wilayah. Lalu kalau wabah corona ini berlangsung lama, tentunya bisa berdampak pada otomotif secara umum," urainya kepada Kontan.co.id, Selasa (17/3).

Baca Juga: BMW Astra akui mampu tumbuh dobel digit di dua bulan pertama 2020

Pasar otomotif masih punya kesempatan mengejar peluang lewat momentum lebaran tahun ini. Hanya saja menurut Yusak, situasi masih belum terlihat stabil dan gampang berubah.

HPM pun masih terus memonitor perkembangan pasar. Bicara target, Agen Pemegang Merek (APM) ini tak mematok perolehan yang tinggi melainkan mempertahankan market share penjualan mobil 14,4% seperti tahun lalu.

APM asal Jepang ini diketahui unggul pada segmen city car dan Low Cost Cost Green Car (LCGC). Sekadar gambaran secara total, Honda Brio yang berada pada segmen tersebut telah meraih penjualan 11.730 unit sepanjang dua bulan pertama tahun 2020.

Baca Juga: Peluncuran Toyota Agya facelift digelar via youtube karena virus corona merebak

Jumlah tersebut meningkat sebesar 13% dibandingkan penjualan Honda Brio pada periode yang sama pada tahun 2019. Masing-masing varian dari Honda Brio juga menjadi market leader di kelasnya masing-masing.

Sepanjang Januari hingga Februari 2020, Honda Brio Satya meraih pangsa pasar tertinggi dengan total 27% di kelas LCGC, dengan total penjualan 9.048 unit. Sementara Honda Brio RS menguasai kelas City Car dengan pangsa pasar mencapai 63%, dengan total penjualan 2.682 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×