kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Pewangi Tubuh Kian Ketat, Fres & Natural Optimis Tumbuh dengan Gandeng BT21


Minggu, 17 September 2023 / 10:30 WIB
Pasar Pewangi Tubuh Kian Ketat, Fres & Natural Optimis Tumbuh dengan Gandeng BT21


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Demam Korea terus dorong  brand-brand lokal menawarkan produk dengan kolaborasi dengan grup band asal Korea. Hal ini bisa mendorong penjualan produ Indonesia dilirik negara lain yang juga menerima budaya Korea. 

Salah satunya Fres & Natural, produk perawatan tubuh dari Wings Group ini, berkolaborasi dengan BT21 untuk produk pewangi tubuhnya atau cologne selama dua tahun. 

Merry Christanty, Senior Brand Manager Fres & Natural mengatakan bahwa  pesatnya perkembangan Korean Wave dan banyaknya penggemar K-pop di Indonesia, Fres & Natural yang telah hadir 23 tahun menemani remaja di Indonesia, memutuskan meluncurkan Fres & Natural Edisi Spesial BT21 sejak Januari 2023 dalam tiga varian. Merry bilang langkah ini guna menggaet para remaja Indonesia untuk selalu mendukung para remaja agar terus bebas berekspresi dengan kepercayaan diri dan keunikannya. 

Sejak diluncurkan pertama kali di awal tahun 2023 ini, Fres & Natural Edisi Spesial BT21 mendapat antusias yang cukup besar. Bahkan, pembelinya tidak sekadar datang dari penggemar BTS saja tetapi juga dari mereka yang netral terhadap budaya Korea. 

Baca Juga: Indonesia-Korea Financial Cooperation Forum, Upaya Dukung Jasa Keuangan Berkelanjutan

Merry mengatakan bahwa pasar cologne ini cukup ketat pasarnya. Oleh karena itu pihaknya mengembangkn produk yang wanginya bisa disukai oleh Gen Z dengan menawarkan beberapa varian. 

"Kami lihat di kategori cologne ini susah untuk melihat pasarnya karena memiliki parfum (pewangi tubuh) tidak hanya cukup satu. Makanya kami selalu membuat varian baru agar bisa memenuhi keinginan konsumen" ujar Merry saat ditanyai KONTAN, Sabtu (16/9) pada acara Fres & Natural Day Fest. 

Meskipun permintaan akan produk Fres & Natural Edisi Spesial BT21 cukup tinggi, Merry bilang dari sisi penjualan produk yang non BT21 masih mendominasi. Hal ini dikarenakan Fres & Natural sudah memiliki 14 varian wangi yang sebelumnya sudah diluncurkan sebelum series BT21. 

Seini Intanalia, selaku Korea Tourism Organization Representative yang turut hadir di acara Fres & Natural Day Fest mengatakan bahwa masuknya fenomena Korean Wave atau Hallyu ke Indonesia sejak bertahun lalu telah membawa pengaruh baik sisi film, musik, kecantikan, budaya dan pariwisata. Bahkan, Korea membuka kesempatan penggemar Korea untuk bisa mengunjungi lokasi terkenal dalam drama dan K-Pop. 

Baca Juga: Terima Presiden Korsel, Jokowi Bahas Kerja Sama Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut Seini di 2019 saja orang Indonesia yang bertandang ke Korea lebih dari 200.000an. Bahkan ketika pertama kali dibuka usai pandemi, hari pertama sudah banyak orang Indonesia yang mendaftar untuk berwisata ke Korea. 

Lebih lanjut Seini bilang bahwa Korea menjadi negara yang pariwisatanya bisa pulih dengan cepat bahkan mencapai 70% usai pandemi. Itu artinya banyak sekali peminat budaya Korea tak hanya dari Indonesia. 

Seini meyakini dengan kolaborasi brand Indonesia dengan grup band Korea seperti ini harapannya bisa lebih menggapai konsumen yang tidak hanya dari Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai daerah.

"Contohnya kalau ada produk Indonesia yang menggunakan artis K-POP untuk menawarkan produk dan dilihat oleh orang (fans) di luar Indonesia mereka biasanya tertarik membeli produk tersebut," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×