kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Properti Komersial Bergerak, Pengembang Mulai Gencar Rilis Produk Ruko


Kamis, 27 Juni 2024 / 05:00 WIB
Pasar Properti Komersial Bergerak, Pengembang Mulai Gencar Rilis Produk Ruko
ILUSTRASI. Kawasan Harvest City


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor properti menunjukkan tren pertumbuhan yang ditandai dengan laju penyaluran kredit di sektor ini yang mengalami kenaikan. Pertumbuhan tidak hanya terjadi pada properti hunian tetapi juga pada produk-produk properti komersial. Hal ini mendorong pengembang mulai gencar merilis produk ruko tahun ini.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) dikutip Rabu (26/6), Kredit Kepemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) per Mei 2024 tercatat mencapai Rp 750,4 triliun atau tumbuh 14,3% secara tahunan atau year on year (YoY). Lajunya naik dari 14,2% pada bulan sebelumnya.

Laju kredit real estate juga menunjukkan tren kenaikan. Per Mei tercatat tumbuh 10,1% secara tahunan menjadi Rp 223,2 triliun. Naik dari bulan sebelumnya yang tumbuh 8,9%. Hanya kredit konstruksi dari sektor properti yang masih kontraksi. Per Mei, masih turun 1,1% menjadi Rp 388,6 triliun. Hanya saja, kontraksinya sudah melambat dari bulan sebelumnya yang sebesar 3,3%.

Baca Juga: Insentif PPN DTP 100% Selesai 30 Juni, Begini Prospek Kinerja Emiten Properti

Harvest City misalnya, melihat pasar properti komersial sudah mulai bergerak. Oleh karena itu, pengembang meluncurkan produk baru bertajuk Savoy Commercial Hub. Ini merupakan produk ruko berkonsep 2 in One, ruko sekaligus tempat tinggal.

Lantai bawah unit Savoy bisa digunakan untuk bisnis, sedangkan lantai atas bisa dipakai sebagai tempat tinggal. Peluncuran baru ini dilakukan setelah tahun lalu pengembang ini sukses menjual ruko tipe Hana Business Square tahap pertama.

Direktur Sales & Marketing Harvest City, Hyronimus Yohanes, mengatakan, ruko Savoy sudah diperkenalkan ke pasar sejak Mei lalu sebanyak 29 unit dan kini telah terjual lebih dari 50%. Adapun harganya dibanderol sekitar Rp 700 jutaan.

“Lewat produk ini, customer mendapatkan dua fungsi, yakni rumah dan tempat usaha. Lalu kami buat satu tempat di mana lokasi itu sudah hidup untuk bisnis, yakni di tengah-tengah kawasan Harvest City,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (27/6).

Baca Juga: Pasar Properti Komersial Mulai Menggeliat, Permintaan Ruko di Cibubur Naik

Lokasi Savoy Commercial Hub berada di kawasan komersial Harvest City. Di tempat itu, sudah ada gerai mini market Alfamart 6 ruko dan Indomaret 5 ruko.

Dengan kehadiran Savoy Commercial Hub, Roni memperkirakan nilai investasi produk properti Harvest City akan terus meningkat. Sebagai gambaran, kata dia, ruko tipe Hana Business Square dirilis dengan harga Rp 800 jutaan pada September 2023. Saat pembangunannya rampung pada Juni 2024, harganya sudah Rp 1,2 miliar.

Roni bilang, lokasi Harvest City semakin strategis dengan adanya jalan tol Cibitung – Cimanggis, yang memudahkan akses dari wilayah Bekasi, Karawang, dan Cikampek yang akan melewati Harvest City. “Lokasi Harvest City diapit  tol Cibitung – Cimanggis, di mana dari arah Bekasi menuju Harvest City, saat uji coba beberapa waktu lalu hanya 10 menit,” ujarnya.

Selanjutnya: Biaya Konstruksi Tersulut Pelemahan Rupiah

Menarik Dibaca: Terbaru dari Codexplore, Berikut Daftar Gift Code Ojol The Game 27 Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×