kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Paxel catat 57% UKM alami peningkatan pelanggan baru di tengah pandemi Covid-19


Kamis, 23 Juli 2020 / 22:34 WIB
Paxel catat 57% UKM alami peningkatan pelanggan baru di tengah pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Pengiriman barang melalui Paxel


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paxel Buy & Send Insight II menemukan bahwa salah satu cara UKM bertahan di tengah pemberlakuan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah dengan mengubah jenis produk yang dijual.

Dari survei diperoleh data, 52% UKM banting stir beralih menjual makanan, dimana  UKM yang menjual makanan beku sebanyak 33,1% dan berbagai jenis kue 17,1%.

Adapun sejumlah, 39,99% pelaku UMKM memilih mengurangi stok barang jualan dan 16,1% mengurangi karyawan karena toko offline yang ditutup, untuk dapat bertahan saat pandemi.

Tak hanya itu, survei Paxel Buy & Send Insight II juga terlihat bahwa selain mengutamakan pengiriman yang cepat untuk kepuasan pelanggan dan perputaran uang lebih cepat, jasa Sameday Delivery antarkota juga membantu UKM menjangkau pelanggan baru.

Tercatat ada 57% UKM mengalami peningkatan jumlah pelanggan baru karena adanya jasa Sameday Delivery antarkota.

Baca Juga: Smart locker, wujud Paxel ajak cegah virus corona

"Terdapat beberapa adaptasi yang dilakukan UKM untuk survive di tengah Pandemi. Paxel telah membantu UKM dalam beradaptasi dengan menggaet lebih banyak pelanggan baru dan meningkatkan omzet jualan dengan layanan sameday delivery antarkota Paxel,” jelas Zaldy Ilham Masita, Chief Operating Officer (COO) Paxel dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id pada Kamis (23/7).

Data lainnya ialah 57,2% UKM mengaku mengalami kendala pesanan yang dadakan, namun perlu dikirim segera. Sementara itu, 47,8% UKM lainnya mengalami kesulitan pengiriman karena lokasi penerima jauh dari lokasi penjual, sehingga durasi pengiriman yang cepat membantu ketahanan barang khususnya bagi UKM makanan.

Oleh karena itu, 40,5% UKM lebih mengutamakan kecepatan pengiriman, bahkan mau berkompromi dengan ongkos kirim.

UKM memilih untuk menggunakan jasa Sameday Delivery antarkota Paxel untuk mengantar 58,1% dari total penjualan online mereka. Ada 70% pelaku UKM memilih pengiriman barang sameday delivery Paxel lantaran jangkauannya, dan 66,2% karena ongkos kirim yang flat yang dipatok Paxel.

Survei Paxel Buy & Send Insight II melibatkan 650 UKM penjual online di Indonesia, selama penerapan PSBB. Sebagian besar atau 91.2% UKM penjual online yang disurvei adalah penjual makanan/minuman yang selama ini mengandalkan jasa logistik Sameday Delivery seperti Paxel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×