kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo tegaskan peringkat idBBB+ untuk obligasi Pos Indonesia


Kamis, 05 Agustus 2021 / 14:04 WIB
Pefindo tegaskan peringkat idBBB+ untuk obligasi Pos Indonesia
ILUSTRASI. Pefindo menegaskan peringkat idBBB+ untuk obligasi Pos Indonesia.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idBBB+ untuk Medium-Term Notes (MTN) PT Pos Indonesia (Persero) senilai Rp 335 miliar yang akan jatuh tempo pada 2 Oktober 2021.

Pefindo menyebut, PT Pos akan melunasi sepenuhnya MTN yang akan jatuh tempo menggunakan kas internal. Per 31 Maret 2021. PT Pos juga memiliki kas yang tersedia untuk digunakan sekitar Rp 1,1 triliun, termasuk dana yang sudah dicadangkan untuk pembayaran MTN yang akan jatuh tempo.

"PT Pos akan menyisihkan dana setiap bulannya sebesar Rp 40 miliar untuk pelunasan MTN yang akan jatuh tempo, dimana per 30 Juni 2021 dana yang tersedia untuk pelunasan tersebut sudah mencapai Rp 240 miliar," tulis Pefindo, Rabu (4/8).

Baca Juga: Bakal jatuh tempo, obligasi Waskita Karya (WSKT) kantongi peringkat idBBB

Efek utang dengan peringkat idBBB mengindikasikan parameter proteksi yang memadai dibandingkan efek utang Indonesia lainnya. Walaupun demikian, kondisi ekonomi yang buruk atau keadaan yang terus berubah akan dapat memperlemah kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut.

"Adapun tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan," tambahnya.

Pos Indonesia adalah operator layanan pos nasional yang didirikan pada tahun 1906. Bermula dari sistem yang didirikan oleh Belanda sejak tahun 1746 untuk pengiriman surat terutama untuk kegiatan perdagangan, menjadikannya badan usaha milik negara tertua di Indonesia.

Perusahaan ini mengumpulkan, memproses, dan mendistribusikan paket dan surat, dan menyediakan berbagai layanan lainnya, termasuk transfer uang dan layanan pembayaran, logistik, ritel, dan properti.

Selanjutnya: Akan jatuh tempo, obligasi Pegadaian raih peringkat idAAA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×