kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,58   -0,44   -0.05%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo I yakin arus barang masih akan tumbuh hingga akhir tahun ini


Minggu, 26 Juli 2020 / 15:51 WIB
Pelindo I yakin arus barang masih akan tumbuh hingga akhir tahun ini
ILUSTRASI. Kapal tunda milik Pelindo 1 di Pelabuhan Kuala Tanjung,?Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I masih optimistis sampai dengan akhir tahun 2020 kinerja arus barang masih tumbuh tipis 1,56% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami menjelaskan, pada semester II/2020 perseroan menargetkan adanya pertumbuhan arus barang dan penumpang seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru. Adapun, target ini juga dianggap masuk akal dengan adanya komitmen pemerintah dalam implementasi penanganan Covid-19 serta upaya penanganan pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: KAI sediakan layanan rapid test di stasiun bagi penumpang jarak jauh

"Secara total year-on-year/yoy pertumbuhan arus barang sampai dengan Desember 2020 diproyeksikan naik 1,56% dari 2019 yaitu 37,4 juta ton dari 36,8 juta ton pada tahun 2019," jelas Fiona kepada kontan.co.id, Sabtu (25/7).

Sementara pada trafik penumpang, Pelindo I berusaha untuk menutupi gap yang terlalu besar di Semester I 2020 dan secara total target arus penumpang Pelindo I sampai dengan Desember 2020 berada di angka 2,6 Juta atau diprediksi sebesar 48,6% dari realisasi 2019.

"Guna mendukung pencapaian target tersebut, sejumlah program strategis telah disiapkan mendongkrak arus barang dan penumpang yang juga diharapkan dapat memberikan pertumbuhan bagi ekonomi di wilayah operasional Pelindo I.

Di antaranya relaksasi penumpukan di terminal pelabuhan yang dapat menurunkan biaya logistik. Kebijakan tersebut diharapkan membantu meringankan beban pelanggan," paparnya.

Baca Juga: Semester I tahun ini, laba bersih AKR Corporindo (AKRA) tumbuh 10,44%

Selain itu, program lainnya dilakukan melalui peningkatan kerjasama dengan mitra untuk memperluas pasar Pelindo I baik di marine service atau jasa lainnya, secara khusus di wilayah kerja Pelindo I merupakan wilayah dengan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan Terminal Khusus (Tersus) terbesar di Indonesia.

Pelindo I juga memanfaatkan kerjasama dalam bongkar muat curah kering, cair dan general cargo dengan mitra baru dalam menambah pertumbuhan trafik barang Pelindo I.

Fiona mencontohkan, misalnya kerjasama mitra pemanfaatan dan pengoperasian Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan. Program untuk peningkatan arus penumpang dilakukan dengan kerjasama terpadu antara Pelindo I dengan Damri dan Pelni.

"Selain tentunya Pelindo I meningkatkan pelayanan prima salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan di terminal penumpang," ujar Fiona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×