kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo II resmikan billing center di Pelabuhan Tanjung Priok


Senin, 19 Februari 2018 / 17:53 WIB
Pelindo II resmikan billing center di Pelabuhan Tanjung Priok
Billing Center di Pelabuhan Tanjung Priok


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) pada hari ini (19/2) meresmikan billing center di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Ini merupakan fasilitas untuk pelayanan administrasi sekaligus pembayaran jasa kepelabuhan dengan sistem integrasi dan terpusat.

Saptono R Irianto, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo II menyampaikan billing center merupakan implementasi dari penerapan integrated billing system (IBS) yang digagas Kementerian BUMN. Nantinya pelayanan administrasi pelabuhan seperti bongkar muat dan receiving/delivery akan terpadu, online dan non tunai.

"Diresmikannya fasilitas billing center di Pelabuhan Tanjung Priok selain bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan transaksi juga untuk mempermudah pembayaran jasa kepelabuhan dengan penerapan sistem pembayaran non tunai," ujarnya dalam siaran pers, Senin (19/2).

Sebelumnya Pelindo II sudah memiliki nota kesepahaman dengan enam perbankan di tahun 2016. Tiga di antaranya merupakan bank swasta dan tiga bank BUMN, pembayaran juga bisa menggunakan kartu debit EDC dari bank yang sudah bekerjasama yakni Mandiri, BNI, BCA, dan CIMN Niaga. Selain itu juga bisa membayar menggunakan transfer ATM.

Selain billing center perusahaaan juga membuat container freight station (CFS) center untuk mempermudah pengguna jasa dalam bertransaski serta transaksi terkait biaya. Hal ini dengan mengintegreasikan tiga pusat konsolidasi kargo atu CFS di Pelabuhan Tanjung Priok.

Integrasinya mencakup manajemen data pelanggan, CFS booking service, layanan nota, pembayaran elektronik, tracking kargo dan customer care. Layanan tersebut juga beroperasi selama 24 jam setiap hari. Ke depan, layanan ini akan disempurnakan dengan fitur seperti multi channel payment serta invoice langsung ke pemilik barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×