kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo III dan IV teken kongsi antar BUMN


Rabu, 15 November 2017 / 23:05 WIB
Pelindo III dan IV teken kongsi antar BUMN


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) dan PT Pelindo IV (Persero) baru saja melakukan kerja sama dengan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta untuk tingkatkan layanan publik.

Kerja sama antara dua pihak diwujudkan dalam bentuk Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) dan Perjanjian Kerjasama dengan 16 BUMN dan pihak swasta diantaranya PT China Communication Construction Engineering Indonesia pada Rabu (15/11).

Penandatanganan kerjasama antar dua belah pihak dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pelindo III IGN Askhara Danadiputra (Ari Askhara) dengan Direktur Utama Pelino IV Doso Agung disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi. Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

Ari Askhara menjelaskan kerjasama antar BUMN ini merupakan perwujudan dari semangat Kementerian BUMN untuk saling bersinergi sesama BUMN untuk saling memanfaatkan peluang bisnis, kompetensi dan aset yang dimiliki guna menghasilkan layanan yang saling menguntungkan dan menciptakan nilai tambah.

“Dalam pelaksanaan kerjasama ini, kita juga akan membangun “TRUST” kepada sesama BUMN, sebagai contoh kerjasama kita dengan PT Barata (Persero) untuk penyediaan RTG (Rubber Tyred Gantry). Selama ini kami hanya membeli produk dari luar negeri,” ujarnya pada Rabu (15/11)

Dalam kesempatan ini, Pelindo III bersama anak usahanya menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Barata Indonesia (Persero) tentang Penyediaan Peralatan Bongkar Muat Rubber Tyred Gantry Crane; Kerjasama Penyediaan Cinderamata dan Seragam dengan PT Sarinah (Persero).

Kemudian kerjasama Optimalisasi Bisnis, Pemanfaatan Fasilitas dan Pemanfaatan Gas Bumi dengan PT PGN LNG Indonesia; Kerjasama Suplai Gas di Kawasan Pariwisata Nusa Dua dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero). 

Selanjutnya kerjasama Optimalisasi dan Pendayagunaan Kapal Tunda dengan PT Djakarta Lloyd (Persero); Pengelolaan Rumah Sakit dengan PT Pertamina Bina Medika dan Kerjasama Pengembangan Bisnis di Bidang Properti dengan PT Pelindo I (Persero).

Selain itu, lanjut Ari Askhara, Pelindo III juga akan memanfaatkan aset-aset yang masih belum optimal, seperti halnya di Pelabuhan Celukan Bawang yang sudah terdapat fasilitas dermaga curah cair yang akan dikerjasamakan dengan PGN.

"Sehingga dengan kerjasama tersebut kami dapat menciptakan nilai tambah dari kegiatan rantai pasok supply Gas yang akan lebih efisien karena fasilitas yang ada dapat menampung kapal-kapal dengan ukuran besar dan berfungsi sebagai Hub terminal gas. Selain itu, pemanfaatan excess capacity terminal gas di Benoa juga dimanfaatkan untuk suplai gas di kawasan pariwisata Nusa Dua,"imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, Perjanjian dan Addendum dengan perusahaan mitra strategis, baik dari pihak BUMN, perusahaan swasta maupun asing. Totalnya ada delapan perjanjian kerjasama dengan perusahaan mitra yang ditandatangani, yaitu penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tentang Bank at Work dan Penerbitan Kartu Co-Branding Mandiri e-Money.

“Lalu penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tentang Pemberian Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah pada Home Ownership Program Karyawan PT Pelindo IV (Persero) dan tentang Penerbitan Kartu Co-Branding Brizzi dengan Nama Brizzi e-Port,” urai Doso.

Selain itu lanjut Doso, ada juga penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tentang Penyaluran Fasilitas Kredit Konsumer untuk Karyawan PT Pelindo IV (Persero) dan tentang Penerbitan dan Pengelolaan Kartu ID BUMN dan Implementasi Sistem Pembayaran Elektronik Prabayar.

Selain dengan perbankan, BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini juga melakukan Nota Kesepahaman dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk masing-masing tentang Sinergi Pengembangan dan Pendayagunaan Aset Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sementara dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero), menurut Doso, pihaknya menandatangani Addendum Perjanjian tentang Pengelolaan Program Saving Plan Kumpulan. Dengan PT Asuransi Jiwasraya (Dana Pensiun Lembaga Keuangan Jiwasraya), Pelindo IV menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang Pengelolaan Program Pensiun Iuran Pasti. Pihaknya juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT China Communication Construction Engineering Indonesia tentang Potensi Kerjasama Pengembangan Pelabuhan di Wilayah Timur Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, Ahmad Bambang mengatakan, untuk membangun negara membutuhkan kerja sama semua pihak termasuk BUMN dan swasta. 

“Sudah saatnya kita berkolaborasi dengan semua pihak, tidak hanya dengan BUMN tapi juga melibatkan swasta. Melalui sinergi ini, diharapkan kualitas layanan untuk publik dari BUMN dapat ditingkatkan,” jelas Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×