kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Arus Penumpang 102% Jelang Lebaran 2022


Sabtu, 23 April 2022 / 12:57 WIB
Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Arus Penumpang 102% Jelang Lebaran 2022
ILUSTRASI. Pelindo III


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mencatat peningkatan arus penumpang yang cukup signifikan pada mudik Lebaran tahun 2022.

Tercatat, pada 10 hari menjelang hari raya Idul Fitri, peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal penumpang mencapai 53.745 orang atau meningkat 102% dibandingkan Lebaran tahun lalu yang hanya 25.051 orang.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini didominasi di beberapa terminal penumpang utama di bawah pengelolaan Pelindo Regional 3. Di antaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744 orang dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas 6.252 orang.

Pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah. Meskipun begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkoordinasi bersama sejumlah pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat untuk menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang guna menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang.

Baca Juga: Sebanyak 59 Terminal Penumpang Pelindo Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

“Sejumlah terminal kami mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan, bahkan pada 10 hari menjelang lebaran ini arus penumpang naik 102% dibanding lebaran tahun lalu. Jumlah ini pun di prediksi akan terus naik menjelang lebaran,” ungkap Ardhy Wahyu Basuki dalam siaran pers yang diterima Kontan, Sabtu (23/4).

Sementara itu Plt Dirjen Hubla Kemenhub Mugen Suprihatin Sartoto yang menyempatkan diri meninjau layanan di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Rabu (20/04), mengapresiasi kesigapan Pelindo dan jajarannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah fasilitas umum dan mendirikan posko pengamanan di sejumlah pelabuhan. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemudik selama berpergian.

“Penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022 termasuk angkutan lautnya sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi,” jelas dia.

Sebelumnya, dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 terminal penumpang di bawah pengelolaannya. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×