kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelni dan Damri siapkan sinergi angkutan Lebaran


Minggu, 21 Juni 2015 / 11:09 WIB
Pelni dan Damri siapkan sinergi angkutan Lebaran


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan Perum Damri menyiapkan angkutan sinergi angkutan untuk melayani arus mudik lebaran pada bulan Juli nanti. Dua perusahaan pelat merah bersepakat menyediakan transportasi melalui laut yang langsung terintegrasi dengan angkutan darat. Rencananya seturunnya dari kapal, penumpang Pelni akan langsung diangkut ke beberapa kota terdekat dan terminal bus.

“Kami bekerja sama untuk memberikan sambungan angkutan gratis yang ditujukan pada kantong-kantong penumpang,” ujar Sulistyo Wimbo, Direktur Utama PT Pelni di kediaman Menteri BUMN Rini Soemarno, kemarin petang (20/6).

Ia mencontohkan misalnya penumpang yang mendarat di Semarang akan langsung diantarkan menggunakan bus Damri untuk menuju ke Kudus, Pati atau terminal bus terdekat. Kata Wimbo, untuk menyelenggarakan sinergi angkutan itu, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan pengelola pelabuhan yaitu PT Pelindo II, PT Pelindo III dan PT Pelindo IV.

Sementara itu Agus Subrata, Direktur Utama Perum Damri mengatakan nanti pada saat membeli tiket Pelni, penumpang sudah diberi tahu angkutan menuju kota mana saja yang disediakan oleh inter koneksi Damri. Menurutnya, sejauh ini yang sudah pasti perseroan sudah menyiapkan 19 armada di lingkungan pelabuhan milik Pelindo III.

“Di Pelindo IV kemarin saya ketemu dia minta di Manado, Bitung, Palu dan Kendari kami siap, tapi tergantung permintaan mereka,” imbuhnya.

Selama mudik lebaran tahun 2015 ini, Perum Damri juga mengerahkan armada tambahan 10% lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya. Perseroan menyiagakan 638 armada untuk melayani angkutan ke Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Sulawesi. Dengan tambahan tersebut, Agus berharap bisa mengangkut penumpang 5% lebih tinggi dari tahun 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×