kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemasangan Gantry untuk Tol Nirsentuh Dilakukan Bertahap, Bagaimaina Kesiapannya?


Senin, 21 November 2022 / 10:09 WIB
Pemasangan Gantry untuk Tol Nirsentuh Dilakukan Bertahap, Bagaimaina Kesiapannya?


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sistem pembayaran tanpa sentuh alias nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diberlakukan akhir tahun ini oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Pemasangan pertama gantry MLFF telah dilakukan di jalan tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022 lalu. Sementara pemasangan kedua telah dilakukan di jalan tol JORR S KM33+635 pada 23-24 Oktober lalu.

CEO Astra Toll Road Krisade Sudiyono mengatakan jika pemasangan MLFF System adalah kerjasama Pemerintah dengan Roatex. Dia bilang “Kalau terkait MLFF sistem, Pemerintah bekerjasama dengan Roatex yang akan mempersiapkan sistem, peralatan, termasuk investasinya”.

Baca Juga: Jasa Marga Lakukan Pemasangan Gelagar Dynamic Message Sign di Ruas Tol Jagorawi

Lebih lanjut para operator pengelola seperti Astra Road Toll dan juga pengelola jalan tol lainnya hanya menunggu kebijakan dan arahan yang diberikan oleh BPJT.

Saat ini pemasangan gantry MLFF untuk program tol nirsentuh masih diimplementasikan di area jalan tol yang dikelola oleh Jasamarga dan Hutama Karya. Namun saat dikonfirmasi kembali bagaimana kesiapannya, belum ada tanggapan pasti terkait hal tersebut.

Menurut pernyataan Chief Representative Roatex Mufsihin Dahlan, implementasi MLFF ini tidak secara serentak dilakukan pada seluruh ruas jalan tol.

“Yang baru pasang masih di beberapa ruas tol, yang pasti kita hanya menunggu dari pihak BPJT untuk pemasangan tersebut, yang mengatur di ruas mana lagi yang akan di pasang itu semua yang menentukan BPJT,” kata Mushfihin kepada Kontan.co.id, Minggu (20/11).

Saat ditanya kepada Humas BPJT Tya mengatakan belum ada informarsi lebih lanjut di ruas mana gantry akan dipasang. Dia bilang “Pemasangan gantry masih di Jagorawi dan JORR S. Sesuai dengan pernyataan Kepala BPJT Pak Danang, semua masih dalam tahap pembahasan untuk ruas lainnya”.

Baca Juga: Begini Persiapan Hutama Karya Jelang Penerapan Sistem Tol Nirsentuh

Sebelumnya, Kepala BPJT PUPR Danang Parikesit mengungkapkan terdapat rencana uji coba sistem ini yang akan dilaksanakan pada Desember 2022. Adapun pemberlakuan penuh MLFF akan dilaksanakan pada 2023 atau 2024 setelah melalui serangkaian uji coba dan masa transisi.

Pada tol nirsentur, gantry dilengkapi kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) berbasis perangkat lunak.




TERBARU

[X]
×