kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pembangunan hangar 4 tertunda hingga 2012


Senin, 18 Oktober 2010 / 12:02 WIB
Pembangunan hangar 4 tertunda hingga 2012
ILUSTRASI. Umroh Ramadhan


Reporter: Gentur Putro Jati |

JAKARTA. Kabar buruk buat PT Garuda Maintenance Facilities AeroAsia (GMF). Pasalnya, rencana untuk membangun hangar 4 pada kuartal IV tahun ini terancam mundur sampai tahun depan.

Kepastian tersebut datang dari Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri S Sunoko, yang perusahaannya menguasai seluruh wilayah di Bandara Soekarno-Hatta. Seperti diketahui GMF juga berencana menggandeng AP II untuk membangun hangar senilai US$ 50 juta sampai US$ 60 juta tersebut.

"Kami pertimbangkan lagi pembangunan hangar tersebut. Karena seperti diketahui kami sedang merancang grand design pengembangan Soekarno-Hatta. Jadi tidak mungkin membangun hangar itu di akhir tahun, karena preliminary design nya baru selesai Desember. Lalu detail design baru selesai April 2011," kata Tri, Senin (18/10).

Mantan Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) tersebut menjelaskan, AP II harus bersabar mengikuti selesainya grand design. Mengingat AP II sudah diamanatkan Pemerintah untuk optimal dalam mengembangkan kapasitas Soekarno-Hatta, yang setiap tahun sudah dilalui penumpang pesawat melebihi kapasitasnya.

Seperti diketahui Soekarno-Hatta di desain dengan kapasitas 22 juta penumpang per tahun, terdiri dari kapasitas terminal 1 dan 2 sebanyak 18 juta penumpang dan terminal 3 sebanyak 4 juta penumpang. Tahun lalu jumlah penumpang Soekarno-Hatta mencapai 37 juta penumpang. Sementara sampai Semester I 2010 jumlah penumpang yang terbang dari dan menuju bandara tersebut 20,76 juta penumpang.

"Hasil rapat di kantor Wakil Presiden, pemerintah meminta kami mempercepat penyelesaian pengembangan Soekarno-Hatta menjadi 2013. Tadinya di paparan saya pada 2015. Tetapi akan kami kejar, asalkan sesuai kesepakatan sisi air side seperti pembangunan runway dibiayai pemerintah. Sementara ground side yaitu pembangunan terminal dan fasilitas lainnya akan kami lakukan dengan investor lainnya," kata Tri.

Sayangnya, Tri masih enggan mereka-reka berapa kebutuhan dana untuk pengembangan bandara tersibuk di Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar mengaku akan mendesak GMF selaku anak usahanya untuk mempercepat pembangunan hangar 4. Percepatan kerjasama pembangunan hangar menurut Emir sangat penting. Mengingat nilai pekerjaan perawatan pesawat di Indonesia setiap tahunnya mencapai US$ 750 juta. Namun, yang dikerjakan di Indonesia tidak sampai US$ 200 juta, selebihnya lari ke bengkel perawatan pesawat di negara tetangga seperti Singapura, Thailand dan Hongkong.

Saat ini GMF memiliki 3 hangar dengan total kapasitas 25 pesawat. Hangar 1 diperuntukkan bagi pesawat berbadan lebar (wide body) dengan kapasitas 4 pesawat. Hangar 2 khusus digunakan untuk melakukan Line Maintenance berkapasitas 8 pesawat. Terakhir, hangar 3 memiliki kapasitas untuk bisa merawat 13 pesawat sekaligus.

Sementara hangar 4 di desain khusus untuk perawatan 16 pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320 dan Boeing 737 dengan nilai investasi US$ 50 juta sampai US$ 60 juta. Rencana pembangunan hangar 4 itu menindaklanjuti dikantonginya sertifikat kemampuan merawat pesawat A320 dari European Aviation Safety Agency (EASA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×