kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pembangunan IKN Dipercepat, Sektor Properti di Samarinda Bakal Makin Bernilai


Selasa, 13 September 2022 / 23:15 WIB
Pembangunan IKN Dipercepat, Sektor Properti di Samarinda Bakal Makin Bernilai


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keputusan pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dinilai bakal berdampak luas terhadap industri properti di kawasan tersebut.

Kota-kota besar yang sebelumnya menjadi sentra ekonomi di Kalimantan Timur seperti Samarinda dan Balikpapan akan semakin menemukan momentum pertumbuhannya dengan pembangunan IKN.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit memperkirakan, kebutuhan properti di wilayah yang berdekatan dengan IKN seperti Samarinda akan terus meningkat sejalan dengan pembangunan IKN. Masuknya investor dari berbagai negara ke IKN merupakan potensi ekonomi yang sangat menjanjikan.

“Properti di wilayah yang sudah mapan infrastrukturnya seperti Samarinda akan lebih menarik minat investor dan pekerja yang punya kepentingan di IKN. Membangun sebuah kota baru butuh waktu panjang, sehingga orang akan lebih memilih tinggal di kota yang sudah jadi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9).

Menurutnya, upaya pengembang membangun proyek-proyek baru di Samarinda merupakan langkah yang tepat. Bertambahnya populasi dan banyak kepentingan lainnya yang akan mengikuti pembangunan IKN membutuhkan kawasan hunian dengan konsep dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

“Pembangunan IKN akan menjadi booster untuk kawasan properti yang sudah dikembangkan di Samarinda dan Balikpapan. Kota-kota ini saya rasa akan jauh lebih maju dibandingkan IKN itu sendiri,” katanya.

Sebelum muncul IKN, Samarinda dan Balikpapan telah menjadi magnet bagi banyak perusahaan properti untuk menawarkan beragam produknya. Contohnya Agung Podomoro Group yang kini sedang mempercepat pembangunan Bukit Mediterania Samarinda dan The Premiere Hills. Dengan basis ekonomi sebagai daerah pertambangan seperti batubara,  minyak dan gas bumi, serta perkebunan, karena Kalimantan Timur merupakan pasar penting bagi perusahaan properti nasional.

“Samarinda itu seperti Singapura yang merupakan kota jasa di mana banyak perantau yang tinggal di sana. Justru nanti Samarinda bisa lebih hebat daripada IKN,” ujar Panangian.

GM Marketing The Premiere Hills Yoga Gunawan mengatakan, Samarinda merupakan daerah yang strategis sebelum rencana pemindahan IKN. Selain berada diantara dua kota Industri di Kalimantan Timur yaitu Balikpapan dan Bontang, wilayah Samarinda juga didukung dengan infrastruktur yang baik seperti keberadaan bandara APT Pranoto yang bisa diakses oleh pesawat berbadan lebar. 

“Potensi ekonomi yang besar dan rencana pembangunan IKN menjadikan Samarinda sebagai salah satu kota penting di Indonesia. Kehadiran Agung Podomoro di Samarinda juga untuk mendukung percepatan pembangunan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan properti dengan standar tinggi,” kata Yoga.

Yoga mengungkapkan, selama masa pandemi Covid-19, Agung Podomoro terus mempercepat pembangunan proyek propertinya di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di kawasan Samarinda.  Strategi tersebut mendapat respon positif dari konsumen sejalan dengan membaiknya perekonomian dan booming komoditas seperti batubara, CPO serta migas.

“Tingginya pemintaan masyarakat mendorong kami untuk memulai proyek baru yaitu The Premiere  Hills. Produk ini merupakan mahakarya Agung Podomoro yang kami rekomendasikan sebagai kawasan hunian dan investasi properti terbaik di Samarinda,” ungkap Yoga.

The Premiere Hills terletak di pusat kota Samarinda dengan lokasi yang sangat strategis yakni di Jalan MT. Haryono yang dekat dengan pusat pemerintahan, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit, sekolah, dan universitas.

Akses menuju kawasan ini sangat terjangkau, karena didukung dengan inftrastruktur yang memadai yakni tol yang menghubungkan Samarinda dengan Balikpapan. Lokasinya juga dekat dengan bandara dan sarana transportasi lainnya.

The Premiere Hills merupakan kawasan residensial yang menawarkan hunian yang terletak di puncak tertinggi Samarinda, yakni 135 meter di atas permukaan laut. “Kami menyiapkan hunian premium bernuansa resor dengan ruang terbuka hijau yang luas sehingga penghuni dapat menyatu selaras dengan alam. Sekitar 73% kawasan ini adalah area terbuka hijau dengan tropical forest untuk mendukung kualitas hidup yang lebih sehat,” katanya.

Kawasan properti ini dilengkapi dengan fasilitas exclusive club house, swimming pool, private cinema, multifunction hall, jacuzzi, children playground, dan fasilitas premium lainnya yang dapat mendukung gaya hidup berkualitas.

“The Premiere Hills dikembangkan dengan 4 tipe premium dengan fasilitas terlengkap. Kawasan ini diproyeksikan sebagai perumahan paling prestisius di Samarinda,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×