kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Berharap Direksi BUMN dari Perempuan Terus Bertambah


Senin, 18 September 2023 / 22:54 WIB
Pemerintah Berharap Direksi BUMN dari Perempuan Terus Bertambah
ILUSTRASI. Erick Thohir Ajak Keluarga Besar PNM Bekerja dengan Hati dan Selalu Hadir Bagi Masyarakat Disabilitas.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program roadshow Srikandi BUMN Goes To Campus 2023 terus berlanjut, yang mana kali ini digelar di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. Program ini diharapkan dapat mendorong hadirnya direksi-direksi BUMN dari kaum perempuan pada masa mendatang.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya menyebut bahwa melalui Srikandi BUMN, Kementerian BUMN ingin menciptakan lingkungan kerja yang inklusif bagi siapa saja tanpa memandang gender atau latar belakang lainnya.

Pemerintah sendiri menargetkan pada 2023 sebanyak 25% direksi BUMN berasal dari kaum perempuan. Untuk itu, berbagai program telah disiapkan, mulai dari penjaringan talenta hingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi perempuan.

"Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa untuk dapat mengenal lebih dekat peran penting BUMN dalam menggerakan roda perekonomian bangsa, serta mengeksplorasi bagaimana mahasiswa bisa berkontribusi bersama BUMN," ujar Erick dalam keterangan resmi, Senin (18/9).

Baca Juga: Nasabah Disabilitas Binaan PNM Berikan Inspirasi

Sementara itu, Ketua Srikandi BUMN Tina T Kemala Intan mengatakan, kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus merupakan bagian dari amplifikasi kemajuan BUMN dalam percepatan pembangunan berkelanjutan (SDGs), baik di dalam internal perusahaan maupun peran sebagai agent of change di masyarakat.

Agent of change ini salah satunya dilakukan dengan meningkatkan peran kepemimpinan perempuan di dunia usaha dan pemberdayaan perempuan, sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus turut diapresiasi oleh Rektor Universitas Halu Oleo Muhammad Zamrun Firihu.

Menurutnya, dewasa ini perempuan-perempuan Indonesia sudah merambah di segala profesi mulai dari presiden, gubernur, bupati, rektor, sampai pemimpin partai dan lainnya.

Artinya perempuan Indonesia itu sudah sangat hebat, seperti yang sudah di cita- citakan oleh Raden Ajeng Kartini sekarang sudah mulai terwujud yakni yang memperjuangkan emansipasi wanita.

"Kami mengapresiasi kepada Srikandi BUMN yang sudah memilih kampus ini menjadi salah satu tujuan sosialisasi bagaimana agar peran-peran BUMN di Indonesia untuk mengawal pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah," ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Dorong PNM Selalu Hadir Bagi Masyarakat Disabilitas

Diharapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa Universitas Halu Oleo makin mengenal peran BUMN dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai tujuan berkelanjutan sekaligus memahami peran universitas melalui pengetahuan, inovasi, dan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Holding BUMN Jasa Survei, ID Survey, turut mengikuti Srikandi BUMN Goes To Campus 2023 di Universitas Halu Oleo.

Dalam paparannya, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko IDSurvey Sinung Triwulandari menyatakan bahwa IDSurvey melalui PT Badan Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI menjadikan program kelestarian laut dan pesisir sebagai salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) utama tahun ini.

Hal ini sejalan dengan agenda dunia yaitu Sustainaibility Development Goals (SDGs) yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia.

"Ada 17 SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang telah ditentukan oleh PBB, yang salah satu tujuannya adalah ekosistem laut,” ungkap Sinung.

Program pengembangan TJSL BKI sesuai dengan bisnis atau jasa utama perusahaan tersebut yaknia di bidang Marine Industry yang secara tidak langsung memberikan dampak dilingkungan ekosistem laut dan masyarakat pesisir.

Baca Juga: Anak Cucu BUMN yang Jumlahnya 173 Perusahaan Bakal Dirampingkan

Kegiatan bisnis BKI juga berdampak pada portofolio terkait lingkungan, khususnya isu dekarbonisasi dan gerakan nyata dalam upaya mitigasi risiko Gas Rumah Kaca (GRK) di lingkungan masyarakat pesisir.

BKI pun fokus melaksanakan program TJSL dengan cara mengkonservasi dan memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan dalam menciptakan produk atau jasa yang ramah lingkungan. Secara signifikan BKI juga mengurangi segala jenis polusi kelautan dan meningkatkan keuntungan ekonomi masyarakat pesisir.

"Kami juga bekerja sama dengan Ketua Kelompok Kelompok Alam Bawah Laut masyarakat sekitar dalam memberikan sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat melaui program konservasi ekosistem laut dengan cara memberikan bantuan transpalantasi terumbu karang, bibit rumput laut dan juga bibit mangrove yang dibudidayakan oleh masyararakat sekitar,” pungkas Sinung.

Selain ID Survey dan BKI, ada beberapa BUMN lain yang hadir dalam Srikandi Goes To Campus 2023 di Universitas Halu Oleo. Di antaranya PT Surveyor Indonesia, PT Pegadaian, PT Aneka Tambang Tbk, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan Indonesia Power. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×