kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah gelar lelang WK Migas tahap II, begini tanggapan KKKS


Rabu, 01 Desember 2021 / 18:56 WIB
Pemerintah gelar lelang WK Migas tahap II, begini tanggapan KKKS
ILUSTRASI. pemerintah akan lelang 8 Wilayah Kerja (WK) migas dalam lelang tahap II tahun 2021


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ada 8 Wilayah Kerja (WK) migas yang bakal ditawarkan dalam lelang tahap II tahun 2021.

Sekedar informasi, dalam lelang kali ini dilakukan sejumlah perubahan yakni perbaikan profit split kontraktor dengan mempertimbangkan faktor risiko Wilayah Kerja, Signature Bonus terbuka untuk ditawar, FTP menjadi 10% shareable, penerapan harga DMO 100% selama kontrak, memberikan fleksibilitas bentuk kontrak (PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split).

Selain itu ada ketentuan baru relinquishment (tidak ada pengembalian sebagian area di tahun ke-3 kontrak), kemudahan akses data melalui mekanisme membership Migas Data Repository (MDR) serta pemberian insentif dan fasilitas perpajakan sesuai peraturan yang berlaku.

Menanggapi pelaksanaan lelang WK Migas tahap II tahun 2021 ini, PT Pertamina memastikan terus melakukan kajian untuk setiap potensi yang ada.

"Setiap ada potensi eksplorasi, Subholding Upstream Pertamina pasti akan melakukan review internal semua peluang yang ada termasuk area-area dari lelang WK," kata Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Arya Dwi Paramita kepada Kontan, Rabu (1/12).

Baca Juga: Pemerintah mulai lelang 8 blok migas tahap 2 tahun 2021, Medco minat

Sementara itu, VP Investor Relations and Corporate Communications PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) Herwin W. Hidayat mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan keikutsertaan pada lelang tahap II ini. Kendati demikian, ENRG memastikan tetap melakukan kajian untuk lelang kali ini.

"Kami juga akan mempelajari fleksibilitas bagi hasil yang ditawarkan oleh pemerintah," terang Herwin kepada Kontan.co.id, Rabu (1/12).

Asal tahu saja, pada lelang tahap I lalu, Energi Mega Persada keluar sebagai pemenang lelang untuk WK South CPP.

Herwin mengungkapkan, strategi perusahaan dalam pengembangan portfolio perusahaan dilakukan dengan dua cara yakni peningkatan produksi dari portfolio aset yg sudah ada serta melalui akuisisi atas aset baru.

"Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan menambah jumlah cadangan migas perusahaan ke depannya," jelas Herwin.

Herwin melanjutkan, dengan penerapan strategi pengembangan portfolio migas, diharapkan berdampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan dan dapat menambah nilai bagi para pemegang saham.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×