kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Izinkan Penggiling Padi Jual Beras Bulog, Ini Alasannya


Selasa, 10 Oktober 2023 / 11:55 WIB
Pemerintah Izinkan Penggiling Padi Jual Beras Bulog, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Beras Bulo


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan izin agar beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) dijual secara komersial oleh penggiling padi.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo usai mengikuti rapat yang membahas soal harga beras bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (9/10/2023).

"Barusan Pak Presiden sampaikan kalau perlu teman-teman penggiling padi kita drop beras Bulog untuk dijual komersial," ujar Arief.

Baca Juga: Jokowi: Dibutuhkan Penambahan Stok Cadangan Beras Nasional Hingga 1,5 Juta Ton

"Maksud saya, teman-teman penggiling pagi kan sekarang enggak punya gabah kering panen, suruh beli saja nanti kita cari beras komersial, dibeli aja untuk stabilisasi (harga). Dibelilah sama teman-teman komersial, teman-teman penggiling padi supaya mempercepat distribusi beras," jelasnya.

Menurut Arief, Presiden Jokowi menekankan agar stok beras tidak tersimpan di Bulog, melainkan harus dilepas ke pasar secepatnya.

"Kalau misalnya kemarin di Pasar Induk Cipinang diberikan 50-50, habis ini penggiling pada juga ada potensi kita berikan juga, tapi bukan CBP (cadangan beras pemerintah) ya tapi komersial," tuturnya.

Dengan kata lain, lanjut Arief, para penggiling padi boleh membungkus ulang beras.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, harga beras di sejumlah tempat masih tinggi. Meski begitu, Zulkifli menyebut kenaikan harga beras tidak kembali terjadi.

"Memang yang dekat-dekat seperti di Jakarta dan Jawa Barat sudah turun (harganya). Tapi yang jauh-jauh belum turun, tapi enggak naik lagi. Gitu," ujar Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Pada Senin sore, Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) yang khusus membahas perkembangan harga pangan.

Zulkifli, ratas tersebut juga dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Plt Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo Adi, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, Kepala Bulog Budi Waseso dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Zulkifli menyebutkan, ratas membahas soal ketersediaan beras.

Baca Juga: Harga Gabah Petani Naik, Jokowi Minta Stabilisasi Pasokan

"Beras lebih dari cukup setok banyak jadi jangan khawatir. Stok cukup dari pusat provinsi dan kabupaten. Jadi digelontorkan," katanya.

"Tadi diputuskan kalau diperlukan ada kita bisa beli lagi beras itu walaupun itu belum tentu dibawa kemari. Kita beli, pada waktu diperlukan baru diimpor," jelas Zulkifli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Upaya Turunkan Harga, Pemerintah Izinkan Penggiling Padi Jual Beras Bulog"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×