kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah klaim proyek gas jadi solusi atasi kebutuhan gas Pupuk Indonesia


Kamis, 05 Desember 2019 / 19:05 WIB
Pemerintah klaim proyek gas jadi solusi atasi kebutuhan gas Pupuk Indonesia
ILUSTRASI. Pekerja mengemas jerami yang sudah menjadi butiran pupuk organik.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menanggapi ancaman defisit pasokan gas yang mendera PT Pupuk Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, pemerintah mengandalkan sejumlah proyek gas.

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) sejumlah langkah diupayakan.

Baca Juga: Urbanisasi ternyata mengubah tanda-tanda perubahan musim

Selain pasokan yang minim, harga gas juga disebut jadi penyebab ancaman defisit pasokan yang mendera PT. Pupuk Indonesia.

Kendati demikian, Kementerian ESDM dan SKK Migas dalam agenda Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI mengungkapkan, kebutuhan gas masih mungkin dipenuhi lewat potensi gas yang ada.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto bilang pihaknya menjembatani diskusi soal harga gas antara Pupuk Indonesia dengan kontraktor migas.

Selain itu, Djoko menilai kehadiran sejumlah proyek gas dapat menjadi solusi kedepannya.

"Banyak potensi gas yang bisa menjamin kebutuhan pupuk. Ada 10 proyek gas nasional yang akan mencukupi kebutuhan gas Pupuk," ungkap Djoko, Kamis (5/12).

Hal senada diungkapkan Kepala SKK Migas, Dwi  Soetjipto. Ia mengungkapkan, pihaknya telah berupaya mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama untuk menyediakan harga gas yang kompetitif.

Baca Juga: Optimistis ekonomi membaik, BNI proyeksikan laba tumbuh 15%-17% tahun 2020

"Kedepannya, kami diskusikan agar harganya bisa ditekan dengan memanfaatkan lapangan lain," ujar Dwi.

Masih menurut Dwi, potensi pasokan bersumber dari lapangan Andaman I hingga Andaman  III, juga dari Lapangan West Papua dan Sakakemang yang akan berproduksi beberapa tahun kedepan.

Ia menambahkan, dengan berporduksinya sejumlah lapangan migas tersebut, maka Pupuk Indonesia memiliki peluang untuk masuk sebagai potential buyer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×