Sumber: Kompas.com | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Minat pengguna terhadap perangkat tablet terutama yang bermerek Apple dan Samsung dilaporkan menurun. Ini ditandai dari laporan terbaru dari lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) yang menunjukkan pengapalan tablet iPad dan Samsung ke seluruh dunia mulai menurun.
Menurut IDC, Apple berhasil mengapalkan 26 juta unit tablet pada kuartal IV 2013. Sedangkan pada kuartal yang sama di 2014, mereka hanya berhasil mengapalkan 21,4 juta unit. Pangsa pasarnya Apple pun mengalami penurunan dari 33,1% pada kuartal empat 2013 menjadi 28,1% di kuartal empat 2014.
IDC menilai penurunan tersebut disebabkan perilisan iPhone 6 serta iPhone 6 Plus. Kedua gadget terbaru itu diperkirakan "mengkanibal" penjualan iPad.
Sementara itu, Samsung mengekor di nomor dua dengan nasib tidak beda jauh.
Produsen elektronik Korea Selatan itu mencatat pengapalan tablet buatannya mencapai 13,5 juta pada kuartal IV 2013. Angka tersebut menurun jadi 11 juta unit pada kuartal IV 2014. Pangsa pasar mereka juga berkurang, dari 17,2% pada kuartal empat 2013 menjadi 14,5 persen pada kuartal empat 2013.
Data dari IDC menunjukkan total pengapalan tablet ke seluruh dunia mencapai 76,1 juta unit. Angka tersebut merupakan pengiriman yang terjadi di rentang kuartal IV 2014.
Meski ada penurunan, laporan tersebut tidak memakzulkan Apple dan Samsung dari tahtanya sebagai pengirim tablet terbanyak di dunia pada kuartal IV 2014. Keduanya masih menjadi yang nomor satu dan nomor dua.
Lenovo naik
Tak seperti iPad dan Galaxy, tablet buatan vendor lain yang justru meningkat. Lenovo berbeda nasib dibandingkan kedua rivalnya, Apple serta Samsung. Jumlah tablet Lenovo yang berhasil dikapalkan untuk dijual ke seluruh dunia justru naik.
Lenovo tercatat di posisi ketiga terbesar dalam hal pengapalan tablet ke seluruh dunia pada kuartal IV 2014. Laporan per kuartal IDC menunjukkan produsen asal Tiongkok itu berhasil mengapalkan 3,4 juta unit pada kuartal IV 2013. Jumlah tersebut naik menjadi 3,7 unit pada kuartal IV 2014.
Demikan pangsa pasar yang berhasil diraih Lenovo juga turut membesar. Mereka mencatat pangsa pasar sebesar 4,3% pada kuartal IV 2013, dan naik menjadi 4,8% pada kuartal serupa di 2014.
Kenaikan pengapalan sejumlah 300.000 unit plus kenaikan pangsa pasar sekira 0,5% mungkin terlihat kecil. Namun Lenovo meraihnya saat produsen tablet lain, termasuk Apple dan Samsung, sedang mengalami penurunan.
IDC mencatat pada posisi empat terdapat Asus. Vendor asal Taiwan ini sempat mengapalkan 4 juta unit pada kuartal IV 2013 dan menurun jadi 3 juta unit pada kuartal yang sama di 2014. Pangsa pasarnya pun turun dari 5,1% pada kuartal IV 2013 menjadi 4,0% pada kuartal IV 2014. (Yoga H)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News