kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Pendiri MarkPlus: Enam bulan lagi dunia bisnis baru mulai normal kembali


Minggu, 05 April 2020 / 10:45 WIB
Pendiri MarkPlus: Enam bulan lagi dunia bisnis baru mulai normal kembali

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendiri MarkPlus Group Hermawan Kartajaya mengatakan, bagi sektor bisnis, kini sangat penting untuk bertahan di tengah pandemi virus corona. Hal tersebut diungkapkannya dalam seminar bertajuk Surviving the Corona, Preparing the Post, Jumat (3/4). 

"Jangan panik apalagi pesimis berlebihan. Kalau panik sudah masuk ranah politik, imbasnya negatifnya kepada masyarakat. Panik itu biasanya kalangan profesional. Kalau entrepreneur bisa melihatnya dari sisi peluang. Walau begitu, tidak semua sektor bisnis memiliki peluang sehingga bertahan memang cara terbaik. Realistis," kata dia dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (5/4).

Dia pun memperkirakan, setidaknya suasana normal bisnis baru akan terasa sekitar enam bulan lagi. Setelah itu, akan terlihat perusahaan mana yang sudah melakukan preparing mana yang belum. Aktualisasi perencanaan selama masa virus corona ini akan terlihat setidaknya di kuartal IV-2020.

Baca Juga: Real Estate Indonesia (REI): Akibat virus corona, masyarakat tahan pembelian hunian

Ia yakin, setelah pandemi virus corona, dunia tidak akan sama lagi. Consumer behaviour pasti berubah. Hal tersebut akan tercermin dalam pertumbuhan secara ekonomi. 

"Sekarang Indonesia mulai turun pelan-pelan. Naiknya juga pelan-pelan. Kuartal IV diprediksi normal, jadi persiapkan dari sekarang," ujarnya lagi.

Nah, untuk saat ini pun, menurut Hermawan,  tak semua sektor bisnis terpukul di saat ini. Mengingat ada juga industri yang sedang naik daun seperti farmasi, logistik, sampai e-commerce. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×