kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,74   -1,27   -0.14%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penggunaan PLTS Atap Merambah Sekolah


Jumat, 11 Februari 2022 / 23:27 WIB
Penggunaan PLTS Atap Merambah Sekolah


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan PLTS Atap kian ramai diminati masyarakat. Terbaru, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dan dua unit solar charging point bertenaga surya dipasang di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya di SD Negeri Kleco 1 & 2 berkapasitas 3,1 kilowatt peak (kWp), serta SMP Negeri 3 Surakarta berkapasitas 4 kWp.

PLTS Atap dan solar charging point yang diresmikan di SD Negeri 1 Kleco Surakarta ini merupakan bentuk dukungan penuh Yayasan Sinar Utama Nusantara (YSUN) dalam pemanfaatan energi baru terbarukan untuk kebutuhan listrik seluruh lingkungan sekolah sebagai penunjang kegiatan pendidikan.

Solusi energi tenaga surya yang dihadirkan pada SD Negeri Kleco 1 & 2 serta SMP Negeri 3 Surakarta dirancang melalui inovasi yang dekat dengan keseharian komunitas sekolah, yakni melalui solar charging point yang merupakan area charging bertenaga surya.

Area ini dapat dimanfaatkan tenaga pendidik, murid, wali murid, dan anggota sekolah lainnya dalam mengisi daya berbagai macam gawai.

Baca Juga: Hibah Asing Ditebar, Berharap Penggunaan PLTS Atap Bisa Semarak

Solar charging point sendiri adalah buah inovasi oleh SUN Solutions, yang memiliki fokus terhadap pemanfaatan dan perancangan teknologi bertenaga surya terdepan (cutting-edge solar technology) dalam menciptakan solusi atas kebutuhan energi surya yang bervariasi.

“SUN Solutions percaya bahwa edukasi terbaik adalah edukasi yang melibatkan peran serta langsung. Hal itulah yang kemudian mendasari keberadaan solar charging point di lingkungan SD Negeri Kleco 1 & 2 dan juga SMP Negeri 3 Surakarta. Tidak hanya sekadar stop kontak yang tersedia, namun kami juga menyisipkan pesan bagaimana energi surya dapat diubah menjadi listrik sehingga seluruh penghuni sekolah dapat menyaksikan langsung apa saja teknologi yang digunakan dan bagaimana bentuknya sembari memanfaatkan teknologinya,” tutur Anggita Pradipta selaku Corporate External Affairs Head SUN Solutions & YSUN dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (11/2).

Anggita menambahkan, pihak YSUN sejatinya memiliki tekad yang besar dalam memberdayakan energi baru terbarukan lewat fasilitas pendidikan.

“Kehadiran PLTS Atap dan solar charging point ini mendekatkan masyarakat dengan upaya transisi energi untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim yang semakin membesar. Memfasilitasi lingkungan sekolah akan memungkinkan pengenalan upaya transisi energi sejak usia dini, yang kami harapkan dapat memperbesar kemajuan dalam pemanfaatan energi baru terbarukan yang akan dilakukan oleh generasi bangsa selanjutnya,” imbuh Anggita.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×