Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto
PURWAKARTA. Sejumlah perjalanan kereta api mengalami keterlambatan akibat kerusakan "visual display unit (VDU)" di Stasiun Karawang dan Stasiun Klari, Jawa Barat, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.
"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Pusat Pengendali PT KAI Daop 1 Jakarta, kerusakan VDU di Stasiun Karawang dan Stasiun Klari terjadi karena tersambar petir," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (14/11).
Akibat kejadian tersebut, kata dia, sistem persinyalan menjadi terganggu sehingga perjalanan sejumlah KA dari dan menuju Jakarta mengalami keterlambatan karena dilayani secara manual.
Ia mengatakan hingga saat ini (sekitar pukul 08.00 WIB, red.) upaya perbaikan terhadap VDU masih dilakukan sambil menunggu peralatan pengganti dari Bandung.
"Atas keterlambatan perjalanan KA dan kekurangnyamanan dalam pelayanan, kami atas nama PT KAI (Persero) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang," katanya.
Lebih lanjut, Ixfan mengatakan akibat keterlambatan yang mencapai lebih dari tiga jam tersebut, PT KAI (Persero) telah memberikan "service recovery" sesuai kelas KA berupa kudapan dan minuman kepada seluruh penumpang di atas kereta (dalam perjalanan, red.) maupun yang masih menunggu di stasiun.
Menurut dia, pembagian kudapan dan minuman tersebut juga dilakukan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto kepada calon penumpang KA Senja Utama Solo tujuan Solo Balapan yang menunggu di Stasiun Purwokerto maupun KA lainnya yang mengalami keterlambatan.
Ia mengatakan KA Senja Utama Solo yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 22.00 WIB seharusnya sampai di Stasiun Purwokerto pada pukul 03.08 WIB dan diberangkatkan kembali pada pukul 03.20 WIB.
"Oleh karena adanya keterlambatan itu, KA Senja Utama Solo baru sampai di Stasiun Purwokerto sekitar pukul 07.45 WIB, sehingga kami memberikan 'service recovery' kepada calon penumpang yang telah lama menunggu di Stasiun Purwokerto. Jika keterlambatannya lebih dari lima jam, 'service recovery' yang kami berikan berupa makanan berat (nasi, red.)," katanya.
Ixfan mengatakan berdasarkan pantauan di Stasiun Purwokerto hingga pukul 08.00 WIB, kondisi masih tergolong aman, lancar, dan terkendali.
Menurut dia, tindakan yang diambil PT KAI dengan adanya keterlambatan itu berupa memberikan kesempatan kepada calon penumpang untuk membatalkan tiket dan uangnya dikembalikan 100 %.
Selain itu, kata dia, calon penumpang diberikan solusi untuk menumpang KA yang akan lewat pada kesempatan pertama.