Reporter: Melati Amaya Dori, Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Penjualan Toyota bulan September naik di sokong oleh kenaikan penjualan di segmen multi purpose vehicle (MPV). Sepanjang bulan September, Toyota telah membukukan penjualan 33.705 unit atau tumbuh 30,4 % dibandingkan pencapaian penjualan Agustus sebanyak 25.848 unit.
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan menyatakan, kenaikan penjualan terjadi untuk semua segmen mobil Toyota. Namun, khusus MPV, kenaikan penjualan mencapai 40% dari semula 15.222 unit di Agustus menjadi 21.307 unit di bulan September.
Toyota Avanza menjadi backbone di kelas ini, membukukan penjualan 14.989 unit di September, atau tumbuh 37,8% dibandingkan dengan pencapaian pada bulan sebelumnya yang sebanyak 10.875 unit. Itu berarti, kontribusi Avanza terhadap total Toyota pada September mencapai 44,4%.
Adapun, dua produk MPV Toyota andalan lainnya adalah Kijang Innova, yang membukukan pertumbuhan penjualan 47,1% dengan total penjualan 6.039 unit, serta Toyota Alphard yang tumbuh 15,8% dengan penjualan 279 unit.
"Avanza menjadi andalan pada Januari-September yang telah terjual sebanyak 140.206 unit," ujar Presiden Direktur TAM, melalui keterangan resminya hari ini (4/10) di Jakarta. Untuk varian Innova selama Januari-September terjual 55.409 unit dan Alphard sebanyak 1.669 unit.
Sebelumnya, Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM menyebutkan, tren pasar mobil di Indonesia saat ini masih di dominasi oleh mobil MPV. "Setidaknya dalam lima tahun ke depan, mobil segmen MPV masih mendominasi pasar mobil Indonesia," terang Joko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News