kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Daihatsu Turun 18,61% YoY Per Februari 2024, Begini Penjelasannya


Rabu, 13 Maret 2024 / 08:35 WIB
Penjualan Daihatsu Turun 18,61% YoY Per Februari 2024, Begini Penjelasannya
ILUSTRASI. Penjualan retail mobil Daihatsu ikut turun per Februari 2024. ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/foc.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seperti tren yang terjadi di pasar otomotif nasional, penjualan retail mobil Daihatsu ikut turun per Februari 2024.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail Daihatsu tercatat sebanyak 31.795 unit pada Januari-Februari 2024 atau berkurang 18,61% YoY dibandingkan periode Januari-Februari 2023 yakni 39.066 unit.

Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono menyampaikan, dinamika stabilitas ekonomi menjadi faktor yang sangat dominan dalam mendukung pertumbuhan pasar otomotif saat ini. 

Di samping itu, Daihatsu juga menyadari perhelatan Pemilu 2024 turut mempengaruhi penjualan mobil di Indonesia, tidak terkecuali Daihatsu.

Baca Juga: Kenaikan Harga Jadi Salah Satu Sebab Anjloknya Penjualan Mobil Nasional

"Harapannya, setelah berlangsungnya Pemilu pada pertengahan Februari yang lalu secara aman dan lancar dapat menjadi momentum kebangkitan pasar otomotif nasional," ujar dia, Selasa (12/3).

Saat ini, Daihatsu Sigra masih menjadi kontributor utama bagi penjualan Daihatsu dengan porsi penjualan 32% (10.069 unit) hingga Februari 2024. Setelah itu disusul oleh Gran Max PU dengan porsi 23% (7.441 unit), dan Terios dengan porsi 13% (4.125 unit). 

Daihatsu juga menyebut, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang diselenggarakan tepat satu hari setelah hari pemungutan suara Pemilu dapat memberikan angin segar bagi pelaku usaha otomotif karena ramai dikunjungi oleh calon pembeli atau pemerhati otomotif. 

"Daihatsu membukukan SPK sebanyak 275 unit yang harapannya dapat mendukung penjualan retail di bulan Maret 2023," tutur Tri.

Baca Juga: Daihatsu Tampilkan Model GranMax di GIICOMVEC 2024

Selain itu, momen Ramadan juga ditunggu-tunggu oleh para insan otomotif nasional. Ini terbukti dengan adanya lonjakan penjualan retail mobil pada masa-masa tersebut.

Daihatsu telah menyiapkan program DAIFIT 2024 atau Daihatsu Idul Fitri dengan memberikan program penjualan yang spesial plus hadiah undian berupa umroh bagi 9 orang pemenang. Daihatsu juga menyediakan program THR atau Tebar Hadiah Ramadan untuk mendukung layanan perawatan kendaraan Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×