kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Penjualan mobil bekas pada kuartal I 2020 belum bergairah


Minggu, 08 Maret 2020 / 20:30 WIB
Penjualan mobil bekas pada kuartal I 2020 belum bergairah
ILUSTRASI. Deretan mobil bekas (mobkas) yang dijual di Bursa Mobil Mal Blok M, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020). Dibandingkan dengan mobil baru, penjualan mobkas tak kalah menarik dan cukup diminati oleh konsumen. Di pasaran, ada beberapa mobkas yang terus dicari

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga bulan pertama tahun ini agaknya menjadi kuartal yang berat bagi pemain industri otomotif dalam negeri. Kondisi yang demikian rupanya juga dialami oleh pelaku bisnis mobil bekas.

Sales Supervisor Toyota Trust, Abdul Rahim Ahimsa Ramadhan mengungkapkan bahwa tren penjualan mobil bekas masih cenderung agak melesu di tiga bulan pertama tahun ini. Menurutnya, penjualan di bulan Januari sebenarnya masih cukup baik dan bahkan sedikit lebih baik dibanding Januari tahun lalu.

Namun demikian, tren penjualan mobil bekas Toyota Trust secara keseluruhan di bulan Februari kemudian merosot hingga 50% dibandingkan bulan Februari tahun 2019 lalu. Pria yang akrab dengan sapaan Aim menduga fenomena ini berkorelasi dengan fenomena banjir yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Cari harga Toyota Fortuner bekas di bawah Rp 350 juta? Cek di sini

Pasalnya, angka permintaan yang turun cenderung terjadi pada daerah-daerah terdampak banjir seperti misalnya Bekasi, Tangerang, dan Jakarta. “User sedang focus untuk (mengurusi) rumah dibanding kendaraan,” ujar Aim kepada Kontan.co.id, Minggu (8/3).

Aim belum bisa memperkirakan secara pasti tren permintaan mobil bekas proyeksi hingga tutup tahun nanti. Sejalan dengan hal ini, Toyota Trust belum menentukan apakah perusahaan akan melancarkan ekspansi penambahan cabang baru atau tidak.

Meski begitu, Ia mengaku optimis penjualan bisa terdongkrak di kuartal II, utamanya pada bulan Maret dan April. Dalam hal ini, faktor pendorong berupa sejumlah program penjualan menarik serta kebutuhan akan transportasi yang meningkat diyakini bisa menjadi katalis positif bagi penjualan mobil bekas.

Hal serupa juga dijumpai pada  PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA). Direktur ASSA, Jany Chandra mengaku belum melihat adanya tanda-tanda pasar mobil bekas akan membaik dibanding tahun lalu di kuartal I.

Sebenarnya, sejauh ini penjualan mobil bekas ASSA cenderung mengalami peningkatan sekitar 10% dibanding periode sama tahun lalu. Namun demikian, Jany menilai hal ini lebih disebabkan oleh upaya mengerek kinerja penjualan yang dilakoni oleh anak perusahaan, yakni PT JBA Indonesia, alih-alih disebabkan oleh faktor eksternal di tingkat pasar.

Baca Juga: Bank Danamon jalin kerjasama dengan Carsome sebagai bank cash management

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×