Reporter: Agung Hidayat | Editor: Rizki Caturini
KONTAN.CO.ID - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan anak usahanya PT Semen Indonesia Beton (SIB) mencari peluang lebih dari pasar beton siap pakai (readymix). Tahun ini disinyalir kebutuhan beton siap pakai akan semakin meningkat seiring pertumbuhan proyek infrastruktur.
"Bisa dilihat dari pertumbuhan semen kantung dari rata-rata hanya 20% di 2011 menjadi kisaran 23%-24% di 2017, terutama di pulau Jawa porsinya mencapai 26% dari kebutuhan nasional," urai Wedo Wiroaji, Direktur Utama PT SIB kepada KONTAN, Senin (21/8).
Berdasarkan laporan keuangan SMGR semester I 2017, penjualan readymix tumbuh lebih dari dua kali lipat dari Rp 243 miliar di semester I 2016 menjadi Rp 776 miliar.
Sebanyak 83% berasal dari penjualan pihak ketiga. "Hal ini didukung oleh mulai beralihnya masyarakat perkotaan dalam penggunaan readymix untuk rumah-rumah," kata Wedo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News