Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mencetak kinerja positif. Menutup kuartal I-2023 Daihatsu mencatat penjualan ritel lebih dari 57.000 unit atau meningkat 22,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 46.000 unit.
Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pertumbuhan penjualan Daihatsu sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional.
Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Maret 2023 mencapai sekitar 271.000 unit atau naik 13,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 238.000 unit.
"Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional sebesar 21,2%, atau naik sekitar 1,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 19,7%," ungkap Hendrayadi dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (15/4).
Baca Juga: Daihatsu Ingin Pertahankan Posisi Kedua Market Share di Indonesia
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Maret 2023 didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 16.753 unit, atau berkontribusi sekitar 29,1%; disusul Gran Max PU (Pick Up) 13.100 unit (22,8%); dan Terios 7.773 unit (13,5%).
"Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” imbuh Hendrayadi.
Baca Juga: Begini Rekomendasi Saham Astra International (ASII) yang Disetir Segmen Otomotif
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News