kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Penjualan ritel di kuartal I kurang kencang


Rabu, 26 April 2017 / 11:15 WIB
Penjualan ritel di kuartal I kurang kencang

Reporter: Siti Maghfirah | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Penjualan bisnis ritel modern di kuartal I-2017 masih lesu meskipun masih bisa tumbuh. Ambil contoh PT Lotte Mart Indonesia. Menurut Donny S. Handoko, Direktur Komersial PT Lotte Mart Indonesia, sejak awal tahun masih ada kenaikan penjualan, tapi pertumbuhannya tidak besar yakni di hanya di kisaran 5% dibandingkan dengan periode serupa tahun lalu.

Menurut Donny, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil penjualan di periode tersebut. Misalnya di Jakarta sepanjang kuartal I-2017 kerap terjadi aksi massa dan aktivitas Pilkada, sehingga jumlah pengunjung Lotte Mart tidak seramai biasanya. "Terutama gerai kami yang ada yang ada di jalan-jalan protokol, seperti Sudirman dan Kuningan," ucapnya kepada KONTAN, Selasa (25/6).

Berkaca dari hasil pertumbuhan kuartal I, Donny kurang optimistis dengan proyeksi pertumbuhan gerai ritel sampai akhir tahun nanti. Namun bila penjualan Lebaran nanti ternyata hasilnya memuaskan, maka ia berani memproyeksi kinerja perusahaan ini juga bisa positif di akhir tahun ini, paling tidak bisa tumbuh 10%.

Sementara Satria Hamid Ahmadi, Kepala Hubungan Korporasi PT Trans Retail Indonesia masih belum bisa memproyeksi hasil kinerja di kuartal satu tahun ini. Namun ia optimistis hasilnya masih bisa positif.

Hal ini terjadi lantaran peritel ini kerap ekspansi dengan menambah gerai penjualan. Yang terbaru, pada 28 April nanti, peritel ini akan membuka gerai anyar di Bandung.

Maklum, Trans Retail menargetkan membuka 30 gerai sepanjang tahun ini. Tambahan gerai ini diproyeksi sanggup membuat kinerja peritel ini bisa tumbuh positif.

Sedangkan Tutum Rahanta, Wakil Ketua Asosiasi Peritel Indonesia menilai, daya beli yang kurang kuat menjadi penyebab laju bisnis ritel di kuartal satu kurang oke.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×