kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan SUV berpeluang terus meningkat, didorong mobilitas masyarakat urban


Minggu, 13 September 2020 / 13:21 WIB
Penjualan SUV berpeluang terus meningkat, didorong mobilitas masyarakat urban
ILUSTRASI. SUV. Surya/Ahmad Zaimul Haq


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) terus berjibaku menjajal pasar segmen Sport Utility Vehicle alias SUV. Hal ini karena adanya peluang penjualan yang terus meningkat karena kebutuhan masyarakat urban untuk mobilitas. 

Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA Indonesia), Ario Soerjo mengatakan untuk penjualan mobil SUV KIA masih ada peluang naik sesuai kebutuhan kaum urban. 

Asal tahu saja, di awal tahun ini Kia meluncurkan line up SUV anyar, All New Kia Seltos yang dikatakan cocok digunakan untuk mobilitas masyarakat urban di Indonesia. Diluncurkannya produk ini, juga karena melihat perkembangan pasar SUV yang sangat cepat. 

Ario bilang KIA bahkan sudah menyimpan rencana untuk meluncurkan line up terbaru di segmen SUV, khususnya SUV Urban. Namun Ario realistis dengan keadaan saat ini sehingga KIA masih menimbang kapan waktu yang tepat untuk meluncurkannya. "Jadi tergantung keadaan saja. Semoga pandemi ini lekas berakhir dan keadaan kembali normal," kata Ario kepada Kontan.co.id, Jumat (11/9). 

PT Kreta Indo Artha (KIA), agen pemegang merek Kia Motors di Indonesia mencatatkan penjualan retail mobil di Juli sebanyak 44 unit atau naik dari bulan lalu yang hanya 27 unit. Adapun secara year to date (YTD) hingga Juli 2020, penjualan retail KIA mencapai 316 unit dengan market share 0,1%. 

Baca Juga: Cari SUV murah? Intip daftar harga mobil bekas di bawah Rp 100 juta

Dihubungi terpisah, Amelia Tjandra, Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan Daihatsu main di pasar SUV Medium, dengan Terios. "Di bulan Juli 2020, penjualan Terios sendiri turun 14%, namun ini karena stok sudah hampir habis, dan produksi masih terbatas.Di bulan Agustus, ADM sudah memacu produksinya, untuk meningkatkan stok pasar," jelas Amelia. 

Melansir data penjualan terbaru, bulan Agustus 2020 yang dibagikan Astra Daihatsu Motors (ADM), retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,9%.

Secara akumulatif, hingga Agustus 2020, retail sales SUV Daihatsu mencatatkan penjualan Terios sebanyak 9.844 unit atau berkontribusi 15,0% ke penjualan retail. Adapun penjualan secara distribusi dari pabrik ke dealer (wholesales), penjualan Terios sebanyak 7.717 unit atau berkontribusi 13,35% di bulan Agustus 2020. 

Selanjutnya: Harga mobil bekas Honda BR-V tahun muda sudah murah, banderolnya mulai Rp 140 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×