kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Per 1 Juli Tarif Listrik Bakal Naik, Bagaimana Cara Turunkan Daya Listrik PLN?


Rabu, 29 Juni 2022 / 05:46 WIB
Per 1 Juli Tarif Listrik Bakal Naik, Bagaimana Cara Turunkan Daya Listrik PLN?
ILUSTRASI. Per 1 Juli 2022, Pemerintah akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) bagi pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA dan golongan pemerintah. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua hari lagi, tepatnya pada 1 Juli 2022, Pemerintah akan menaikkan tarif dasar listrik (TDL) bagi pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA dan golongan pemerintah. 

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Menteri ESDM Nomor T-162/TL.04/MEM.L/2022 tertanggal 2 Juni 2022. Terhitung bulan depan, TDL pelanggan rumah tangga daya di atas 3.500 VA akan disesuaikan dari Rp 1.444,7 per kilowatthour (kWh) menjadi Rp 1.699,53 per kWh. 

Menurut PT PLN (Persero), penyesuaian tarif dilakukan untuk mewujudkan tarif listrik yang berkeadilan. 

Lantas, bisakah pelanggan rumah tangga dengan daya di atas 3.500 VA mengajukan penurunan daya? 

Pelanggan bisa ajukan turun daya 

Menurut Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo, jika dirasa memberatkan, para pelanggan diperbolehkan untuk mengajukan penurunan daya listrik kepada PLN. 

"Pindah daya silakan karena ini hak asasi dari masing-masing pelanggan kami," ujar dia, dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari Antara (13/6/2022). 

Namun, dia mengimbau agar pelanggan yang mengajukan penurunan daya dapat menyesuaikan dengan konsumsi listrik harian. Tujuannya agar tak ada kendala teknis berupa sekring rumah yang sering turun akibat konsumsi lebih besar dibanding daya listrik. 

Syarat dan cara menurunkan daya listrik

Pelanggan yang ingin melakukan penurunan daya harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Yang perlu diketahui, permohonan tersebut, harus diajukan ke kantor PLN terdekat dan tidak bisa melalui aplikasi PLN Mobile. Sebab, turun daya hanya bisa dilakukan oleh petugas PLN. 

"Untuk proses penurunan daya, pelanggan dapat bermohon ke kantor PLN terdekat sesuai dengan lokasi rumah pelanggan dan menyiapkan data-data," ujar Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/6/2022). 

Data yang diperlukan antara lain: 

  • Nomor ID pelanggan/rekening
  • Detail alamat lengkap
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Nomor identitas KTP
  • Surat kuasa bagi pemohon yang mengajukan/bermohon atas nama orang lain. 

Sebelum melakukan permohonan penurunan daya listrik, pelanggan harus menyelesaikan seluruh tagihan listrik atau kewajiban lain terlebih dahulu. 
Pelanggan bisa melakukan permohonan penurunan daya ke tarif rumah tangga daya 450-900 VA. Namun sebelum itu, PLN akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. 

Greg menuturkan, verifikasi dilakukan guna memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan terdaftar sebagai penerima subsidi sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Serupa dengan penambahan daya, pelanggan yang ingin menurunkan daya pun kemungkinan harus mengeluarkan biaya.  

"Biaya penurunan daya pelanggan bervariasi berdasarkan hasil survei sesuai kebutuhan material dan jasa di daya yang diinginkan pelanggan," ujar Greg. 

(Sumber: Kompas.com/Retia Kartika Dewi | Editor: Rendika Ferri Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif Listrik Naik per 1 Juli, Ini Syarat dan Cara Turun Daya Listrik PLN"
Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×