kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Per 1 September 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Siap Dibuka Lagi


Rabu, 31 Agustus 2022 / 04:29 WIB
Per 1 September 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Siap Dibuka Lagi
ILUSTRASI. Seluruh fasilitas di Bandara Halim Perdanakusuma, baik sisi darat dan sisi udara siap untuk kembali melayani penerbangan komersial mulai 1 September 2022.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandar udara Halim Perdanakusuma dinyatakan siap untuk beroperasi lagi. Hal itu diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Melansir laman infopublik.id, Dirjen Perhubungan Udara memastikan, seluruh fasilitas di Bandara Halim Perdanakusuma, baik sisi darat dan sisi udara siap untuk kembali melayani penerbangan komersial mulai 1 September 2022.

Sebelumnya, Bandara Halim Perdanakusuma mengalami revitalisasi yang dimulai sejak Maret 2022 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, meminta PT Angkasa Pura/AP II (persero) selaku Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Halim Perdanakusuma agar mempersiapkan dengan baik seluruh fasilitas penunjang operasional penerbangan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma, guna kelancaran layanan penerbangan.

Baca Juga: Mulai 1 September 2022, Citilink Kembali Terbang di Bandara Halim Perdanakusuma

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II," ujar Nur Isnin pada Selasa (30/8/2022) di Jakarta.

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada, sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara juga meminta agar AP II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan stakeholder lainnya, untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi terpenuhi.

Baca Juga: Soal Rencana Pengembangan dan Pembangunan Bandara, Ini Penjelasan Kemenhub

"Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta yang juga dikelola oleh AP II dapat saling mendukung dalam memberikan layanan penerbangan bagi masyarakat, guna berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi ini, dan juga menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor penerbangan nasional," kata Nur Isnin.

Kemenhub juga mengingatkan kepada AP II agar pengaturan rute penerbangan dapat disesuaikan kembali, terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penuh hingga Bandara Halim siap dioperasikan kembali," paparnya. 

Ucapan terima kasih tersebut ditujukan terutama kepada TNI AU, Kementerian Pertahanan, PT Angkasa Transportindo Selaras sebagai pengelola pemanfaatan aset lahan, dan AP II sebagai pengelola bandar udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×