kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Per 16 Desember 2018, belanja iklan perusahaan marketplace capai Rp 4,97 triliun


Jumat, 21 Desember 2018 / 12:19 WIB
Per 16 Desember 2018, belanja iklan perusahaan marketplace capai Rp 4,97 triliun


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, perusahaan marketplace mendominasi belanja iklan di televisi. Per 16 Desember 2018, Adstensity mencatat belanja iklan perusahaan marketplace mencapai Rp 4,97 triliun. Nilai ini belum termasuk belanja iklan pada momen menjelang natal dan tahun baru. Hingga tutup tahun 2018, belanja iklan sektor ini diprediksi bisa menyentuh angka Rp 5 triliun.

Di antara perusahaan marketplace yang beroperasi di Indonesia, tercatat Bukalapak dan Shopee yang mendominasi belanja iklan di televisi. Total belanja iklan Bukalapak mencapai Rp 813,78 miliar. Diikuti oleh Shopee sebanyak Rp 765,11 miliar, Traveloka Rp 459,87 miliar dan Tokopedia Rp 395,23 miliar.

Meski nilai belanja iklan Shopee lebih sedikit dari Bukalapak, Shopee memiliki titik iklan lebih banyak yaitu 24.596 titik. Sedangkan Bukalapak punya 17.839 titik iklan di tahun ini. “Rata-rata belanja per titik iklan Bukalapak Rp 45,62 juta, lebih besar dibandingkan rata-rata belanja Shopee Rp 31,11 juta per titik iklan,” ujar A. Sapto Anggoro CEO Adstensity dalam risetnya, Kamis (20/12).

Di tengah antusiasme sektor marketplace menggelontorkan uang untuk beriklan, para pebisnis ritel agaknya berhitung cermat biaya belanja iklan di tahun 2018. Maklum, gaya belanja masyarakat sedang beralih dari offline ke online.

Tak heran kalau belanja iklan sektor ritel hanya mencapai Rp 546 miliar. Adapun perusahaan retail yang masuk dalam 10 besar belanja iklan di televisi adalah Transmart, Ikea Alam Sutera, Matahari, Depo Bangunan, Ramayana dan Giant.

Adstensity mencatat, total belanja iklan Transmart mencapai Rp 232,49 miliar, disusul Ikea Alam Sutera sebesar Rp 135,88 miliar, Matahari Rp 82,54 miliar, Depo Bangunan Rp 30,15 miliar dan Ramayana 29,52 miliar.

Gempuran belanja iklan oleh perusahaan marketplace ini jadi berkah bagi perusahaan stasiun televisi. Di antara perusahaan stasiun televisi, RCTI menguasai pendapatan iklan dari marketplace terbanyak senilai Rp 761,42 miliar. Indosiar berada di posisi kedua dengan pendapatan iklan sebesar Rp 594,84 miliar, disusul SCTV Rp 584,07 miliar.

Sedangkan iklan perusahaan ritel didominasi oleh Trans 7 Rp 143,70 miliar dan Trans TV Rp 124,62 miliar. Disusul SCTV Rp 49,88 miliar dan RCTI Rp 42,70 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×