kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Perayaan Imlek Jadi Momentum untuk Mendongkrak Penjualan Ritel


Sabtu, 29 Januari 2022 / 06:00 WIB
Perayaan Imlek Jadi Momentum untuk Mendongkrak Penjualan Ritel
ILUSTRASI. Lampion-lampion dan hiasan bernuansa Imlek menghiasai pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Sabtu (11/1). KONTAN/Baihaki/11/1/2020


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan (Hippindo) menyambut positif datangnya momentum Tahun Baru Imlek di tahun ini. Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan, saat perayaan Imlek tiba, biasanya akan ada peningkatan penjualan ritel seiring banyaknya masyarakat yang berkunjung ke mal dan pusat perbelanjaan.

Para pengunjung biasanya berburu produk-produk seperti kue, pakaian, dan sepatu ketika momentum Imlek.

Budihardjo yakin, penjualan ritel saat Imlek tahun 2022 bakal lebih baik dibandingkan tahun lalu mengingat sekarang tingkat vaksinasi di Indonesia sudah cukup tinggi. Saat ini pun belum ada kebijakan pembatasan kegiatan yang lebih ketat walau varian Omicron sudah mulai meningkat penyebarannya di Indonesia.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru Imlek 2022, Trisula Textile Industries Optimis Penjualan Meningkat

“Imlek ini momentum peningkatan penjualan terbesar ketiga setelah Lebaran dan Natal. Peningkatan terbesar ada di Pulau Jawa yang kontribusinya mencapai kisaran 50%,” kata Budihardjo.

Hippindo menilai, para pelaku usaha ritel modern sudah memiliki SOP-nya masing-masing terkait protokol kesehatan di area pusat perbelanjaan. Mulai dari kewajiban vaksinasi bagi karyawan dan pengunjung, scanning aplikasi PeduliLindungi untuk pendataan dan tracing pengunjung, hingga sistem pembayaran tunai yang menghindarkan kontak fisik.

Para peritel juga sudah belajar banyak untuk menjaga kinerjanya selama masa pandemi. “Jadi pusat perbelanjaan sudah cukup aman bagi pengunjung ketika masa pandemi dengan berbagai protokol kesehatan yang diterapkan di sana,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×