kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,75   -7,79   -0.82%
  • EMAS917.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

Perbaikan rel, KAI: Kereta jarak jauh ditargetkan dapat beroperasi sore ini


Selasa, 23 Februari 2021 / 12:13 WIB
Perbaikan rel, KAI: Kereta jarak jauh ditargetkan dapat beroperasi sore ini
ILUSTRASI. Petugas memperbaiki rel kereta api yang rusak akibat banjir di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta masih terus melakukan perbaikan terhadap rel yang rusak karena terdampak banjir beberapa hari lalu.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, perjalanan kereta api (KA) jarak jauh ditargetkan dapat beroperasi pada Selasa (23/2/2021) sore.

"Penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan jalur KA antara Lemah Abang-Kedung Gedeh ditargetkan dapat kembali melayani perjalanan. Hari ini utuk perjalanan sore dan malam hari," ujar Eva dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Baca Juga: Akibat banjir, 7 jadwal keberangkatan KA dari Jakarta hari ini dibatalkan

Eva mengatakan, perbaikan yang dilakukan terhadap geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel.

Selain itu, pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat juga dilakukan di sepanjang lokasi terdampak banjir. "Karena pagi ini proses perbaikan masih terus dilakukan, masih terdapat sekitar tujuh kereta untuk keberangkatan pagi hari dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang belum dapat dilayani perjalanannya," kata Eva.

Eva menjelaskan, mengenai keberangkatan kereta yang ditargetkan pada Selasa sore akan diinformasikan secara berkala dengan melihat proses perbaikan yang terus berlangsung.

"Sementara bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket keberangkatan Selasa ini melalui Stasiun Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket stasiun," kata Eva.

Calon penumpang diberikan waktu sampai dengan 30 hari ke depan untuk pembatalan tiket kereta yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Adapun persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket dan kartu identitas asli calon penumpang.

Bagi calon penumpang dengan memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan. Salah satu calon penumpang dapat membawa fotokopi identitas penumpang yang lain.

Adapun berikut daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api jarak jauh di area Daop 1: - Pasar Senen - Gambir - Bekasi - Cikampek - Bogor - Jakarta Kota - Karawang

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta membatalkan perjalanan kereta (KA) api jarak jauh pada Senin (22/2/2021).

Pembatalan keberangkatan kereta terpaksa dilakukan karena sebelumnya sejumlah lintasan terdampak banjir.

Baca Juga: Akibat banjir Jakarta saat akhir pekan, kunjungan ke pusat perbelanjaan turun 5%

Dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang KM 55 +100 s.d KM 53+600.

Hal itu mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel menggantung.

Dengan demikian, 15 perjalanan kereta api keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali dibatalkan. (Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbaikan Rel Masih Berlangsung, Ditargetkan Bisa Dilalui Kereta Selasa Sore"

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×