kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Peritel buka gerai baru di ujung tahun


Senin, 19 Desember 2016 / 12:27 WIB

Peritel buka gerai baru di ujung tahun


JAKARTA. Penutupan tahun menjadi momen spesial bagi industri ritel untuk bisa memenuhi target pendapatan. Selain menggelar promosi besar-besaran, peritel juga memanfaatkan momen tersebut untuk membuka gerai baru di ujung tahun. 

Seperti yang dilakukan oleh PT Lotte Mart. Peritel asal Korea Selatan itu membuka dua gerai menjelang akhir tahun. Yang pertama berupa hypermarket Lotte pada November 2016 di Surabaya Jawa Timur, dan yang kedua di Green Pramuka pada 22 Desember 2016. 

Donny S Handoko, Direktur Komersial PT Lotte Mart, kepada KONTAN, Minggu (18/12), menyatakan, pembukaan gerai baru ini pasti akan berdampak positif terhadap penjualan. "Tapi ini juga pertimbangan bisnis jangka panjang. Kebetulan memang mal itu juga baru siap," katanya.

Namun agar gerainya dikunjungi oleh konsumen untuk berbelanja, tetap saja manajemen Lotte harus kerja ekstra dengan mempromosikan gerai anyar tersebut. Biasanya, peritel menggeber program promosi selama lima minggu ke guna mendongkrak jualan. 

Tahapan selanjutnya dengan menggelar program promosi hingga tiga bulan berikutnya di gerai yang sama . "Jadi cukup berat," katanya.
Dony tidak memberikan berapa perincian target yang dipatok manajemen Lotte dengan menggelar promosi di gerai anyar tersebut. Yang jelas ia berharap kehadiran dua gerai anyar akhir tahun ini  bisa membuat pertumbuhan penjualan positif.

Donny enggan memerinci pencapaian tahun ini. Ia hanya bilang tahun depan, Lotte menargetkan bisa meraup pertumbuhan bisnis sekitar 10%.  Meski memasang target positif, Donny menyebut pihaknya masih belum punya ada rencana untuk membuka gerai anyar lagi tahun depan.

Matahari tambah gerai

Tak mau ketinggalan, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) juga membuka gerai jelang akhir tahun ini. Menurut Miranti Hadisusilo, Sekretaris Perusahaan Matahari Department Store, di periode akhir tahun ini, Matahari siap membuka gerai Matahari Department Store di Bogor Jawa barat dan

Ketapang Kalimantan Barat. "Kami akan membuka Desember ini, tapi masih menunggu kesiapan teknis dari pengelola mal setempat," katanya kepada KONTAN, Minggu (18/12).

Biasanya, Matahari Department Store dalam setahun bisa membuka antara delapan sampai 10 gerai anyar. Namun, pembukaan gerai anyar di periode akhir tahun ini tidak serta merta mendongkrak penjualan pada 2016. 

Biasanya untuk menggenjot jualan, perusahaan ini menggelar program promosi bukan hanya cuma untuk gerai baru tapi secara global. Walhasil, efek promosi terhadap penjualan bisa terasa di seluruh gerai Matahari. 

Tapi Miranti tak menampik bila saat membuka satu gerai baru, peritel ini kerap membuat perlakuan promosi khusus untuk menarik pembeli. Untuk memompa penjualan, manajemen ini sampai membentuk tim pemasaran khusus untuk membuat program yang menarik. "Untuk gerai baru, biasanya ada diskon khusus selama tiga hari," katanya.

Sedangkan untuk tahun depan, Matahari memperkirakan masih bisa menambah gerai anyar lagi minimal delapan gerai. Tambahan gerai ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan 2017.

Lewat rencana bisnis ini, manajemen Matahari Department Store berharap penjualan pada 2017 nanti, bisa tumbuh antara 10%-20% . "Target ini sama dengan tahun sebelumnya, karena gerai tambah, pendapatan juga bisa tumbuh," tukasnya.

Kuartal III-2016, pendapatan Matahari Department Store hanya tumbuh 9,1% menjadi Rp 14,4 triliun. Periode sama tahun lalu nilainya sekitar 
Rp  13,2 triliun.                           


Reporter: Ramadhani Prihatini
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0006 || diagnostic_web = 0.1508

Close [X]
×