Peritel di Medan jual gula di atas HET

Senin, 01 Mei 2017 | 23:00 WIB Sumber: Antara
Peritel di Medan jual gula di atas HET


MEDAN. Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta Bulog mengawal harga eceran tertinggi atau HET gula pasir yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 12.500 per kg.

"Kebijakan yang dimulai 10 April itu harus berjalan termasuk di pasar ritel modern," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti di Medan, Senin (1/5).

Ia didampingi Staf Khusus Menteri Perdagangan bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, mengatakan, bagi ritel yang tidak menjalankan kesepakatan yang dilakukan pemerintah dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dan produsen, maka akan diingatkan.

"Tidak ada alasan apapun, harga gula harus paling tinggi Rp 12.500 dan untuk mengawal itu, Bulog sudah diingatkan untuk menjaga ketersediaan," ujar dia.

Dalam kunjungan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan itu meninjau gudang Bulog Sumut Jalan Mustafa, Supermarket Maju Bersama Yos Sudarso dan Transmart Carefour. Di dua super market itu memang sudah ada harga gula Rp12.500 per kilogram.

Tetapi di Maju Bersama itu ada juga harga gula yang masih dijual Rp 17.500 - Rp 20.000 per kilogram karena per 200 gram Rp 3.500 dan merek lainnya seberat 500 gram Rp 10.000.

"Saya sudah minta Maju Bersama membicarakan dengan pemasok dan itu sudah menjadi catatan," katanya.

Menurut Tjahya Widayanti, HET gula itu bukan semata untuk keperluan Ramadhan dan Idul Fitri, tetapi berkesinambungan. "Memang akan ada evaluasi lagi HET gula itu di September," kata dirjen.

Kepala Bulog Divre 1 Sumut Imran Rasydy Abdullah mengatakan stok gula Bulog cukup aman. Bulog juga siap mengawal stok dan harga gula dengan harga Rp 12.500 per kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin mengatakan, pihaknya bersama produsen kebutuhan bahan pokok di daerah itu sudah sepakat untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan berbagai barang.

Pemprov Sumut misalnya sudah bekerja sama dengan produsen minyak goreng Musim Mas untuk menggelar pasar.murah minyak goreng seharga Rp 10.500 per liter.

Store Manager Maju Bersama Yos Sudarso, Nelson Marbun mengatakan, pihaknya akan membicarakan soal masih adanya harga gula yang di atas Rp 12.500 per kg. "Manajemen akan membicarakannya. Yang pasti ada harga gula Rp 12.500 per kg," katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru